Jawa Pos

Bikin Album di Rutan

Fariz R.M.

-

JAKARTA – Musisi Fariz R.M., 56, akhirnya dapat kembali menghirup udara bebas. Masa penahanann­ya di Rumah Tahanan Cipinang berakhir pada 17 Agustus. Penyanyi lagu Barcelona itu bercerita tentang pengalaman­nya selama di rutan.

Fariz membuat album di dalam penjara. Selama enam bulan ditahan, dia menyelesai­kan 10 judul lagu. Lagulagu tersebut dikerjakan keroyokan bersama temanteman­nya sesama napi. ’’Judul albumnya The Elemens of Confidence,’’ kata Fariz di kediamanny­a, Kawasan Bintaro, Jakarta Selatan, kemarin (21/8).

Seluruh lagu yang diciptakan terinspira­si dari kehidupann­ya di dalam penjara. Tidak hanya membuat album, Fariz juga menggarap klip video salah satu lagu di albumnya itu. Apakah tidak terkendala? Fariz menjawab sesama napi dan para sipir sangat mendukung. ’’Saya pinjam keyboard dan gitar kepada petugas lapas. Saya sangat berterima kasih kepada mereka semua karena mengizinka­n saya untuk berkarya,’’ lanjutnya.

Bahkan, sejumlah napi dan sipir turut dilibatkan dalam pembuatan albumnya. ’’Ketika bikin klip, saya butuh orang yang jago dalam grafis dan audio. Kalau cari orang dari luar, pasti sulit. Jadi, saya mencari di dalam rumah tahanan. Ada sekitar tiga ribu tahanan di sana. Pasti ada yang ahli di bidang itu,’’ terangnya.

Fariz mulai ditahan sekitar Februari karena terjerat kasus narkoba. Pada Mei lalu, paman Sherina Munaf tersebut divonis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan delapan bulan penjara. Namun, masa hukumannya kembali disunat dua bulan lantaran dia mendapatka­n dua remisi sekaligus, yakni remisi hari kemerdekaa­n 17 Agustus dan remisi dasawarsa. (dod/c19/jan)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia