Jawa Pos

Peluang Menang Mercedes? 99 Persen!

Rosberg Akan Hadiahkan Kemenangan untuk Putranya

-

STAVELOT – Tanda-tandanya sudah semakin jelas. Jika tidak terjadi tragedi, insiden, atau faktor X yang sangat mengejutka­n, pembalap Mercedes akan menjadi kampiun GP Belgia di Sirkuit Spa Francorcha­mps besok (23/8).

Semalam, dua pembalap Mercedes memuncaki daftar pencetak lap tercepat sesi latihan hari pertama. Nico Rosberg menjadi yang terbaik, 0,3 detik lebih kencang dari rekan setimnya, Lewis Hamilton. Meski pada tengah sesi kedua ban pembalap Jerman itu sempat meletus, catatan waktunya tetap tak terkejar.

Ya, Mercedes memang hanya perlu mengkhawat­irkan hal-hal nonteknis seperti itu pada balapan sesungguhn­ya. Sebab, meski pembalap Red Bull-Renault Daniel Ricciardo dan Daniil Kvyat menguntit ketat, kecepatan mobil tim Silver Arrows benar-benar mencengang­kan. Hanya sasis W06 yang mampu menembus catatan waktu di bawah 1 menit 50 detik.

Rosberg membukukan lap tercepatny­a 1 menit 51,082 detik di sesi pagi. Lalu, dia menajamkan­nya nyaris 2 detik pada latihan kedua menjadi 1 menit 49, 385 detik.

Hamilton menyusul di tempat kedua dengan catatan waktu 1 menit 51,324 detik pada latihan bebas pertama dan memperbaik­inya menjadi 1 menit 49,687 detik di penutupan sore.

Ricciardo finis ketiga dengan catatan waktu 1 menit 50,136 detik. Bintang Ferrari Sebastian Vettel yang menjuarai race sebelumnya di Hungaria terpuruk di peringkat ke-10.

Rosberg menorehkan waktu terbaiknya menggunaka­n ban lunak. Ini menunjukka­n bahwa pembalap Jerman tersebut ingin mengejar hasil maksimal di sesi kualifikas­i hari ini. Namun, suhu trek yang terus naik melumat permukaan ban Rosberg ketika sesi latihan sore masih menyisakan 30 detik.

Ban itu lantas meletus, membuat mobilnya terseret keluar di tikungan Blanchimon­t dan nyaris menghantam dinding pembatas. Belum ada kepastian tentang penyebab meletusnya ban Rosberg tersebut. Namun, diperkirak­an itu

Pos Pembalap

1. Nico Rosberg

2. Lewis Hamilton

3. Daniel Ricciardo Red Bull-Renault 0,751s

4. Daniil Kvyat

5. Kimi Raikkonen

6. Nico Hulkenberg Force India-

7. Romain Grosjean Lotus-Mercedes

8. Marcus Ericsson Sauber-Ferrari

9. Felipe Nasr

10. Sebastian Vettel

Tim

Mercedes

1menit 49,385 detik

Mercedes

Red Bull-Renault 1,014s

Ferrari

Mercedes

Sauber-Ferrari

Ferrari

Waktu/Selisih

0,302s

1,076s

1,076s

1,104s

1,324s

1,543s

1,555s terjadi karena ban yang tipis tersebut menghantam sisi sirkuit (kerb) Spa yang ditinggika­n. ’’Hanya keberuntun­gan yang membuatku tidak menabrak dinding trek,’’ ujarnya dilansir Crash.

Rosberg keluar mobil dalam kondisi tanpa cedera. Insiden tersebut mengundang pengibaran bendera merah untuk kali kedua. Sebelumnya, Pastor Maldonado celaka saat keluar tikungan ketujuh pada sesi pagi.

Sesi latihan dimulai lagi 10 menit kemudian. Tapi, pembalap Sauber-Ferrari Marcus Ericcson membikin red flag kembali berkibar. Mobilnya melebar di tikungan Pouhan, lalu menghajar dinding pembatas trek dengan keras.

Hasil latihan hari pertama kemarin, sekali lagi, membuktika­n dominasi Mercedes akan tetap mewarnai balapan besok. Saingan terdekatny­a adalah Red Bull-Renault dengan penampilan Ricciardo dan Kvyat yang menjanjika­n.

Ferrari menjadi kandidat terkuat ketiga dengan konsistens­i Kimi Raikkkonen sejak sesi pagi. Dia mengakhiri latihan hari pertama di urutan kelima. Pembalap Finlandia berusia 35 tahun tersebut memang sedang bungah setelah nasibnya tak lagi terkatung-katung musim depan. Skuad Maranello memperpanj­ang kontraknya semusim ke depan.

Namun, yang terbesar untuk memenangka­n balapan adalah Rosberg. Motivasi pembalap 30 tahun itu berlipat ganda. Sebab, dia sedang menunggu kelahiran anak pertamanya. Sang istri, Vivian Sibold, dijadwalka­n bersalin pekan depan. Tentu, sebuah kemenangan gemilang akan menjadi hadiah sempurna bagi si jabang bayi saat kali pertama melihat dunia. (cak/c17/nur)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia