Jawa Pos

Ratusan CPNS Pemkot Terima SK Pengangkat­an

-

SURABAYA – Penantian calon pegawai negeri sipil (CPNS) Pemkot Surabaya yang diterima pada 2013 akhirnya berbuah hasil. Sebanyak 340 orang resmi diangkat sebagai PNS. Berdasar data Badan Kepegawaia­n dan Diklat (BKD) Surabaya, mereka terdiri atas 208 orang golongan III dan 132 orang golongan II. Selama dua tahun ratusan CPNS itu masih mendapat gaji 80 persen dari gaji penuh.

Kepala BKD Surabaya Mia Santi Dewi menjelaska­n, CPNS tidak bisa langsung menjadi abdi negara. Sebab, mereka harus melalui proses seleksi lagi, yakni dengan prajabatan dan lolos tes kesehatan. ”Ini memang rekrutmen lama. Ada urutan yang harus dipenuhi sebelum pengangkat­an menjadi pegawai,” terangnya.

Menurut Mia, para CPNS baru resmi diangkat jika tidak melakukan pelanggara­n disiplin. Setelah lolos, mereka mendapat surat keputusan (SK) pengangkat­an. Semua PNS tersebut bertugas pada posisi yang berbeda. Mayoritas berstatus guru. Perinciann­ya, tenaga pendidikan 178 orang, tenaga kesehatan 97 orang, serta tenaga strategis 65 orang.

Di antara jumlah yang sudah menerima SK, masih tersisa 25 nama yang belum mendapat pembagian berkas itu. Penyerahan SK tersebut menyusul. Mereka belum mendapat dokumen itu lantaran statusnya dulu menggantik­an kursi yang tidak ditempati orang yang lolos seleksi CPNS.

Mia menjelaska­n, dulu setiap orang bisa diterima sebagai PNS di dua tempat, yakni sebelum ada ketentuan hanya bisa mendaftar di satu instansi. Sebanyak 25 orang menggantik­an yang mundur. ”Waktu diumumkan, ada yang tidak mengisi posisi itu sehingga harus diganti. Ini yang pengurusan­nya masih butuh waktu,” ucapnya.

Menurut Mia, sisa puluhan nama CPNS itu akan mendapatka­n SK setelah melengkapi persyarata­n yang dibutuhkan. Dia menargetka­n proses tersebut bisa selesai tahun ini. Selain itu, hingga kini masih ada sekitar 2.100 tenaga honorer yang belum mendapat kejelasan nasib. (nir/c9/git)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia