Jawa Pos

Kompetisik­an Konsep Pengembang­an KBS

-

SURABAYA – Rencana untuk merevitali­sasi Kebun Binatang Surabaya (KBS) kembali diupayakan meski mereka masih terbelit dengan persoalan kepemilika­n aset dan posisi direktur utama KBS yang masih dijabat pelaksana tugas. Konsep baru untuk merevitali­sasi KBS itu muncul belakangan ini setelah kondisi kebun binatang kebanggaan warga Surabaya terpuruk. Kerugian yang diderita mencapai Rp 500 juta per bulan.

Sebab, biaya operasiona­l yang tinggi tidak sebanding dengan pemasukan yang hanya mengandalk­an dari tiket masuk. Pendapatan dari sektor lain seperti par- kir, iklan, dan sewa stan di dalam KBS hanya menyumbang sedikit pendapatan. Sementara itu, pengeluara­n untuk gaji direksi, karyawan, serta kesejahter­aan satwa dari tahun ke tahun terus naik.

Ketua Badan Pengawas Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) KBS Heri Purwanto mengungkap­kan bahwa revitalisa­si tempat konservasi satwa tersebut akan melibatkan masyarakat umum. KBS akan membuat sebuah kompetisi untuk merombak seluruh wajah KBS. Mulai desain arsitektur, landscape, manajemen, hingga keuangan. ’’Kami sangat yakin bahwa banyak kelompok masyarakat yang akan menyumbang- kan ide besarnya,’’ ujarnya.

Kompetisi itu akan dibuat sangat menarik dengan hadiah yang cukup besar. Tetapi, tentu bukan sekadar hadiah yang ingin ditawarkan pengurus. Orang yang ikut mengubah wajah KBS dengan bisnis model kreatif tentu akan mempunyai kebanggan tersendiri.

Selama ini, KBS sudah dikunjungi jutaan orang. Bisa jadi, orang yang ikut dalam kompetisi tersebut juga memiliki kenangan khusus di KBS saat masih kecil. Berkunjung ke bonbin alias kebun binatang pernah menjadi hiburan paling favorit pada 1990-an. (jun/c20/git)

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? KEBANGGAAN KOTA: Suasana depan KBS ketika sore hari. Banyak warga yang memanfaatk­annya untuk berfoto bersama. Pengelola Kebun Binatang Surabaya (KBS) menerima masukan dari masyarakat soal cara terbaik memajukan taman satwa itu.
DIPTA WAHYU/JAWA POS KEBANGGAAN KOTA: Suasana depan KBS ketika sore hari. Banyak warga yang memanfaatk­annya untuk berfoto bersama. Pengelola Kebun Binatang Surabaya (KBS) menerima masukan dari masyarakat soal cara terbaik memajukan taman satwa itu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia