Jawa Pos

963 Peserta Lolos Jalur Mandiri

-

SURABAYA – Penerimaan mahasiswa baru (maba) Universita­s Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) telah berakhir. Perguruan tinggi tersebut telah menetapkan 963 peserta yang lulus jalur mandiri. ”Hari ini (kemarin, Red) sampai 27 Agustus akan dilakukan daftar ulang,” ujar Kepala Bagian Akademik UINSA Rijalul Faqih.

Ketika daftar ulang, maba diharuskan segera membayar uang kuliah tunggal (UKT). ”UKT yang digunakan pada penerimaan jalur mandiri berada di grade tiga. Yang paling mahal, tapi bukan berarti mereka tidak bisa mendapatka­n beasiswa,” jelasnya.

Pada hari yang sama, maba yang telah selesai membayar UKT di Bank Tabungan Negara (BTN) diharuskan segera menyerahka­n fotokopi ijazah yang telah dilegalisa­si kepada Bagian Akademik UINSA. ”Semuanya digunakan sebagai syarat sahnya masuk UINSA,” jelas Rijal.

Di antara total sembilan fakultas UINSA, fakultas syariah dan hukum menerima mahasiswa baru melalui jalur mandiri paling banyak. ”Jumlahnya mencapai 204 peserta. Kuotanya memang relatif besar dibanding fakultas lainnya,” kata Rijal. Sedangkan kuota terkecil didapat fakultas psikologi dan kesehatan. ”Hanya ada 29 peserta yang lolos dari jalur mandiri II ini,” lanjutnya.

Kemarin (21/8) juga tampak beberapa mahasiswa yang berlalu lalang menyerahka­n fotokopi ijazah yang dilegalisa­si ke bagian akademik. ”Masih banyak waktunya, ditunggu sampai tanggal 27 Agustus. Tetapi, mereka juga harus segera mendaftar untuk mengikuti Orientasi Cinta Akademik dan Almamater (Oscaar) di fakultas masing masing,” ujarnya. Rijal berharap para maba bisa memenuhi semua syarat pada batas waktu yang telah ditetapkan. (dha/c11/ai)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia