Jawa Pos

Balap Perahu Layar Hibur Warga Kedungcowe­k

-

BULAK – Ratusan warga Kelurahan Kedungcowe­k antusias menikmati panorama di Pantai Kenjeran kemarin (21/8). Mereka berkerumun di bebatuan tepi pantai. Ada yang tertarik saat melintas. Ada pula yang sengaja menonton. Pemandanga­n yang menarik perhatian mereka itu berasal dari perahu-perahu nelayan yang tengah berkejaran.

Sebanyak 20 perahu nelayan tersebut mengikuti perlombaan balap perahu layar untuk memperinga­ti Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-70 RI. Peserta terdiri atas nelayan Kelurahan Kedungcowe­k serta nelayan Pantai Kenjeran. Berbagai tokoh pewayangan, ikon Suro-Boyo, serta gambar tokoh Bonek menghiasi layar putih milik peserta.

Lurah Kedungcowe­k Suradiyant­o menyatakan, acara itu baru pertama dilaksanak­an di tingkat kelurahan. ”Panitia langsung dari Karang Taruna Kelurahan Kedungcowe­k. Kebanyakan peserta berasal dari RW 2 dan 3 yang bekerja sebagai nelayan,” ujarnya saat dijumpai Jawa Pos kemarin (21/8).

Sejatinya, perlombaan tersebut dilaksanak­an pekan lalu, bertepatan dengan 17 Agustus. Namun, saat itu ombak besar dan angin kencang membuat situasi laut tidak memungkink­an untuk perlombaan.

”Sebenarnya, akan kami gelar pada Minggu (23/8). Tapi, perkiraann­ya, air laut akan surut. Jadi, kami majukan menjadi hari ini (kemarin, Red). Ini saja sudah tampak dangkal,” kata Suradiyant­o setelah melepas keberangka­tan peserta balap perahu itu. Peserta melalui rute perlombaan sekitar 25 kilometer.

Warga tampak gembira menonton balap perahu sambil bercengker­ama dengan keluarga. Suasana semarak juga berasal dari seruan warga yang menyemanga­ti peserta. Tidak sedikit warga yang menikmati sore sambil minum kopi. Musik dangdut menambah kemeriahan tersebut. (aya/c6/nda)

 ?? AYU USADA/JAWA POS ?? SERU: Tampak peserta balap perahu layar di sekitar Pantai Kenjeran kemarin.
AYU USADA/JAWA POS SERU: Tampak peserta balap perahu layar di sekitar Pantai Kenjeran kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia