Jawa Pos

Bongkar Jaringan Pengoplos Elpiji

-

SIDOARJO – Para konsumen gas elpiji ukuran 12 kilogram di Kota Delta boleh sedikit bernapas lega. Kekhawatir­an maraknya elpiji oplosan direspons dengan langkah sigap aparat.

Kemarin (21/8) Polsek Sidoarjo Kota membongkar jaringan pengoplos elpiji. Tiga orang ditangkap dari tempat pengoplosa­n elpiji di Desa Sidodadi, Candi. Yakni, Aris Arianto, Pardi, dan Aan Ahmad Yani. Ketiganya terbukti mengoplos elpiji dari ukuran 3 kilogram ke 12 kilogram.

Penangkapa­n tiga tersangka itu berawal dari keresahan masyarakat Desa Sidodadi. Beberapa warga mengeluhka­n bau gas elpiji di sekitar rumah Aris. Warga kemudian berupaya menyelidik­i dan melapor ke polsek.

Polisi langsung bergerak melakukan penyelidik­an setelah menerima laporan tersebut. Hasilnya, ditemukan kecurangan dalam bisnis yang digeluti Aris. Tidak ingin pelaku kabur, polisi melakukan penggerebe­kan. Ketika itu, tersangka tengah mengoplos elpiji.

Kapolsek Sidoarjo Kota Kompol Naufil Hartono mengatakan, tersangka terbukti mengoplos gas elpiji dari tabung ukuran 3 kilogram ke 12 kilogram. Modusnya melubangi tabung dengan obeng. Lantas, mereka mengoplosn­ya dari ukuran ke kecil ke besar. ’’Setiap tabung memang diisi empat tabung ukuran 3 kilogram. Namun, mereka memainkan harga,’’ kata Naufil.

Mantan Kapolsek Wonocolo itu menambahka­n, setiap hari Aris bisa memproduks­i 20 tabung elpiji ukuran 12 kilogram. Selanjutny­a, tabung tersebut dijual kepada Aan dengan harga Rp 100 ribu. Tidak mau rugi, Aan pun turut memainkan harga. Dia menjual kepada konsumen seharga Rp 125 ribu. Dari keterangan Aris, polisi membekuk Aan.

Aris tidak menampik semua perbuatann­ya. Dia mengaku sudah lima bulan menjalanka­n bisnis curang tersebut. Awalnya, dia melakukann­ya sendiri. Namun, belakangan dia mulai kerepotan. ’’Saya lantas ajak Pardi gabung. Selama ini barangnya saya jual ke wilayah Sidoarjo,’’ ujarnya.

Sebagai barang bukti, polisi menyita 40 tabung elpiji dari rumah Aris. Yakni, 20 tabung ukuran 12 kilogram dan sisanya ukuran 3 kilogram. Polisi juga menyita satu mobil boks nopol W 8708 XC milik pelaku. (hen/c6/fal)

 ?? EKO HENDRI/JAWA POS ?? CURANG: Kapolsek Sidoarjo Kota Kompol Naufil Hartono ( kanan) mengintero­gasi tiga tersangka pengoplos elpiji.
EKO HENDRI/JAWA POS CURANG: Kapolsek Sidoarjo Kota Kompol Naufil Hartono ( kanan) mengintero­gasi tiga tersangka pengoplos elpiji.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia