Jawa Pos

Jeruk Lemon Pencerah Wajah

-

GRESIK – Bagi pendamba kecantikan, penuaan dini boleh jadi sangat menakutkan. Jeruk lemon bisa menjadi bahan alami untuk menjaga agar kulit wajah awet cantik.

Dr Sururut Tazkiyah dari RS Semen Gresik mengatakan, jeruk lemon sering dipercaya bisa mengeringk­an kulit. Ada kandungan AHA ( alpha hydroxy acid) yang mempercepa­t pengelupas­an sel kulit mati. ”Karena terjadi pengelupas­an, orang menganggap lemon membuat kulit kering,” ujarnya.

Padahal, kata perempuan 34 tahun tersebut, buah kuning itu justru mampu mencerahka­n wajah. Bintikbint­im hitam dan minyak di wajah akan terkikis. Dia menyebutka­n, lemon mengandung vitamin A, vitamin C, dan antioksida­n. Selain mencerahka­n, vitamin A bagus untuk mereka yang mengalami penuaan dini.

”Karena ada retinol di dalam vitamin A yang dapat meresap ke kulit. Itu akan menyamarka­n serta memperbaik­i kerutan maupun garis-garis halus di kulit,” tambah Sururut.

Namun, ada syarat dan caranya. Dokter berkerudun­g itu menyaranka­n memilih buah lemon segar. Bukan lemon dalam kemasan botol di toko-toko. Sebab, lemon dalam kemasan sering telah dicampur air. Juga, mengandung bahan pengawet.

Siapkan juga alat pemeras. Caranya, coba gosok siku dengan sari lemon dan diamkan 24 jam. Jika tidak ada reaksi apa pun, lemon aman bagi kulit. Namun, jika terasa perih atau panas seperti terbakar, segera bilas dan jangan menggunaka­nnya. ”Jangan langsung gunakan ke seluruh bagian kulit. Lakukan pengujian dulu,” tuturnya.

Sejumlah kecil jus lemon bisa juga dicampur dengan yoghurt untuk jadi masker. Atau, campur dengan satu sendok madu. Untuk menghapus noda hitam, lemon bisa ditambahi air mawar yang bagus bagi pemilik kulit sensitif. Penyembuha­n jerawat bisa juga menggunaka­n air perasan lemon dicampur stroberi yang dihancurka­n. (ndi/c10/roz)

 ?? ANDINA/JAWA POS ?? RESEP ALAMI: Sururut Tazkiyah.
ANDINA/JAWA POS RESEP ALAMI: Sururut Tazkiyah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia