Jawa Pos

Spektrum Choir Bersiap ke Jerman

Bawakan Tujuh Lagu

-

SURABAYA – Spektrum Choir bakal menghibur masyarakat Jerman pada 28 Agustus. Paduan suara yang beranggota 25 orang pengusaha itu mendapat undangan dari Pemerintah Daerah Cologne, Jerman. Undangan itu datang ke Shinta Dewi Rahadjo selaku koordinato­r empat bulan lalu. Seketika mereka berdiskusi dan mempersiap­kan diri.

Serangkaia­n seniman mengisi panggung dengan tarian, drama, puisi, musik, dan nyayian. Kehadiran mereka bakal meramaikan bulan seni di Cologne yang dise- lenggaraka­n pada 1 hingga 29 Agustus. Mereka dijadwalka­n muncul di puncak acara berkolabor­asi bersama beberapa anak tunarungu. ’’Iya, nanti kita menyanyi dan ada beberapa orang yang menggunaka­n bahasa isyarat agar bisa dinikmati orang tunarungu,’’ ungkap Shinta.

Ketika ditemui di kediaman Shinta di daerah Trunojoyo, Spektrum Choir sedang berlatih bersama Ganda Charisma Kristi sebagai konduktor dan Johan Kanani Tarigan sebagai pianis sebelum berangkat pada Selasa (25/8).

Di Jerman, mereka akan membawakan tujuh lagu. Yaitu, O Tano Batak, Alusi Au, Bengawan Solo, lagu rohani Arbab, Oh Happy Day, The Rose, dan O Du Stille Zeit. ’’Mau ditambah lagu dari Papua, tapi waktunya sangat mepet,’’ ungkap Shinta.

Pemilihan lagu berdasar pada diskusi bersama perwakilan Cologne. Shinta mengatakan, dari Jerman dipilihkan lagu O Du Stille Zeit.

Ganda menjelaska­n, orang-orang yang tergabung di paduan suara tersebut memiliki niat untuk berkarya dengan menyanyi. ’’Bukan karena event ini mereka berlatih dua kali seminggu. Tanpa ada acara pun, mereka tetap rajin berlatih dan berkumpul,’’ ungkap alumnus Universita­s Kristen Petra itu.

Spektrum Choir merupakan gabungan pengusaha perempuan di Surabaya. Berdiri pada 2008, awalnya mereka bernama Spektrum Women Choir. Namun, karena event ke Jerman ini dan suami mereka ikut, nama paduan suara berganti.

Shinta mengungkap­kan, kegiatan bernyanyi memberikan dampak positif. Selain mendatangk­an banyak teman, menyanyi menghilang­kan stres. ’’Kami kan menghafal lagu. Jadinya susah pikun,’’ ungkapnya.

Salah seorang anggota, Lie Hwa, mengaku tidak ada pantangan dalam persiapan menjelang penampilan. Yang penting, diusahakan banyak beristirah­at agar suara tetap bulat. (cik/c17/ayi)

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? PERSIAPAN MATANG: Sebagian anggota Spektrum Choir saat berlatih di kediaman Shinta Dewi Rahadjo kawasan Jalan Trunojoyo. Mereka berangkat ke Jerman pada Selasa (25/8).
DITE SURENDRA/JAWA POS PERSIAPAN MATANG: Sebagian anggota Spektrum Choir saat berlatih di kediaman Shinta Dewi Rahadjo kawasan Jalan Trunojoyo. Mereka berangkat ke Jerman pada Selasa (25/8).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia