Jawa Pos

Adu Inovasi Fashion Hijab

-

SURABAYA – Putri Septiana terlihat tenang mengikuti Lomba Fashion Hijab kemarin sore (21/8). Meski umurnya terpaut cukup jauh dari peserta lain, dia tetap percaya diri. Dengan cekatan, Putri berdandan hingga wajahnya tertutup make-up dengan pulasan yang rapi.

’’Belajar sendiri make-up. Ikut acara ini ingin nunjukin bakat,’’ ungkapnya.

Putri tidak terlalu memikirkan menang atau kalah. Siswa SMP Muhammadiy­ah II itu menyatakan hanya mencari pengalaman. ’’Biar ke depan saya ngerti cara memadukan make-up dengan hijab yang baik,’’ terangnya.

Putri merupakan satu di antara 18 peserta yang mengikuti lomba di Gedung Balai Pemuda Surabaya tersebut. Bertema inovasi pembelajar­an pembuatan jilbab dengan sentuhan etnik, para peserta diwajibkan memadukan kreasi hijab dengan make-up.

Lomba tersebut merupakan salah satu rangkaian Pameran Widya Wahana PNFI (Pendidikan Nonformal dan Informal) 2015. Thussy Apriliyand­ari, ketua panitia, menjelaska­n, ada dua hal yang harus dilakukan peserta dalam lomba, yakni penataan dan peragaan.

Dia menambahka­n, lomba tersebut ditujukan untuk segala usia bagi mereka yang kreatif, fashionabl­e, dan mampu memberikan sesuatu yang baru. Dengan unsur etnik dalam tema, diharapkan ada kombinasi hijab dengan etnik Nusantara sehingga menghasilk­an item fashion yang mampu menonjolka­n kebudayaan Indonesia. ’’Kombinasi ini untuk kemajuan dunia fashion Indonesia,’’ paparnya.

Indarti, 38, salah seorang juri, memaparkan beberapa kriteria penilaian. Penilaian didasarkan pada kreasi fashion hijab, keserasian bentuk hijab dengan bentuk muka, serta kesesuaian busana dengan kaidah muslim ( syar’i). ’’Selain itu, harus ada inovasi, memunculka­n kreasi baru yang berbeda,’’ ujar dosen Unesaterse­but. (rid/c5/ayi)

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? PEDE SAJA: Putri Septiana ikuti lomba Fashion Hijab kemarin.
DIPTA WAHYU/JAWA POS PEDE SAJA: Putri Septiana ikuti lomba Fashion Hijab kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia