Jawa Pos

Neraka Tidak Begitu Panas

-

MONACO – Perjalanan panjang menuju San Siro, Milan, yang menjadi venue final Liga Champions musim ini dimulai. Drawing fase grup Liga Champions di Grimaldi Forum, Monaco, tadi malam WIB berlangsun­g tegang. Tetapi, tidak ada grup neraka yang benar-benar panas.

Juara bertahan Barcelona tergabung dalam grup E bersama Bayer Leverkusen, AS Roma, dan Bate Borisov. Tergolong grup yang berat, meski tidak sangat berat. Barca paling difavoritk­an juara grup, sedangkan Leverkusen dan Roma bakal bertarung mencuri satu tiket.

Barca versus Roma akan menjadi laga yang emosional bagi Luis Enrique. Sekarang dia berstatus pelatih Barca

Tetapi, Roma adalah klub senior pertama yang dilatihnya pada 2011–2012. Dia gagal dan kemudian pindah ke Celta Vigo setahun berikutnya.

Roma punya tradisi bagus dalam bentrokan melawan Barca, tetapi itu terjadi sebelum era tiki-taka ala Josep Guardiola dimulai. Dalam bentrokan terakhir kedua tim di Liga Champions pada 2002, Roma menang 3-0. Namun, dalam pertemuan terakhir di friendly game pada musim panas ini, Barca balik unggul 3-0.

”Mempertaha­nkan gelar itu selalu lebih sulit daripada merebutnya,” kata Lionel Messi, striker Barcelona. Di era Liga Champions, belum ada satu pun juara bertahan yang mempertaha­nkan gelarnya.

Dalam drawing yang dipandu kiper legendaris Manchester United Peter Schmeichel dan artis Melanie Winiger, sebanyak 32 klub di- drawing untuk terbagi dalam delapan grup. Ada 22 klub yang lolos langsung ke fase grup dan sepuluh di antaranya lolos dari playoff.

Dan, grup terberat adalah grup D yang dihuni runner-up Liga Champions musim lalu Juventus. Raksasa Italia itu akan bersaing dengan klub kaya Manchester City, juara Europa League musim lalu Sevilla, dan peringkat ketiga Bundesliga Borussia Moenchengl­adbach.

Terbilang grup neraka, meski tidak benar-benar panas. Di antara para penghuni grup ini, hanya Juve yang pernah menjuarai kom- petisi antarklub paling bergengsi di Benua Biru itu. Meski begitu, saat ini City adalah klub tangguh dan Sevilla patut diperhitun­gkan.

Bagaimana tidak, Sevilla adalah juara Europa League dalam dua musim terakhir. Sedangkan City dengan kekuatan duitnya bisa merekrut pemain-pemain terbaik dunia. Mereka juga favorit juara Premier League musim ini. Saat ini mereka telah melakoni tiga laga di Premier League dan selalu menang dengan gol besar.

Sementara itu, untuk pemain terbaik Eropa, yang terpilih adalah striker Barcelona Lionel Messi. Sama sekali bukan kejutan seiring dengan prestasi Barca yang mengilap musim lalu. Dia menyisihka­n bintang Real Madrid Cristiano Ronaldo dan rekan setimnya, Luis Suarez. (rif/c17/ham)

 ??  ?? AJANG ELITE: Mantan kapten Barcelona Carles Puyol dalam drawing tadi malam WIB (foto kiri) di Monaco. Andres Iniesta membawa trofi Liga Champions yang dimenangi Barcelona musim lalu.
AJANG ELITE: Mantan kapten Barcelona Carles Puyol dalam drawing tadi malam WIB (foto kiri) di Monaco. Andres Iniesta membawa trofi Liga Champions yang dimenangi Barcelona musim lalu.
 ?? VALERY HACHE/ AFP PHOTO ??
VALERY HACHE/ AFP PHOTO

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia