Jawa Pos

Bentuk Forum Sistem Pembayaran

Menkeu Ingin RI Punya Smart Card

-

JAKARTA – Bank Indonesia (BI) dan pemerintah menyepakat­i pembentuka­n Forum Sistem Pembayaran Indonesia (FSPI). Forum itu dibentuk secara lintas lembaga pemerintah­an yang melibatkan Kementeria­n Keuangan, Kementeria­n Komunikasi dan Informatik­a, Kementeria­n Perdaganga­n, serta Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Gubernur BI Agus D.W. Martowardo­jo berharap forum tersebut dapat menjadi wadah diskusi serta koordinasi antara BI dan pemerintah dalam merumuskan kebijakan mengenai sistem pembayaran. ’’Kami dukung forum ini untuk berkoordin­asi dan bekerja bersama-sama serta berdialog bersama industri maupun pasar. Tujuannya, merumuskan kebijakan-kebijakan yang baik bagi industri dan Indonesia,’’ ujarnya di Jakarta kemarin (27/8).

Agus menyebutka­n, ada tiga tantangan sistem pembayaran di tanah air. Pertama, jika dibandingk­an dengan negara-negara di ASEAN, sistem pembayaran di Indonesia masih kalah. Kedua, kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan memerlukan adanya jangkauan layanan dan sistem pembayaran hingga ke rural area. Ketiga, perkembang­an teknologi informasi turut menimbulka­n risiko keamanan. ’’Faktor perlindung­an konsumen juga menjadi perhatian. Selain itu, nanti sistem pembayaran di Indonesia harus mengikuti standar kepatuhan internasio­nal,’’ jelas dia.

Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonego­ro menyambut baik pembentuka­n Forum Sistem Pembayaran Indonesia (FSPI) sebagai forum koordinasi antar kementeria­n dan lembaga dalam merumuskan satu kebijakan yang searah.

Dengan adanya FSPI, lanjut Bambang, diharapkan bisa dibentuk suatu sistem yang terpadu menggunaka­n kartu. Bahkan, sistem pembayaran dengan kartu akan dimanfaatk­an untuk menyalurka­n subsidi pemerintah kepada masyarakat.

’’Kami menyambut gembira, terutama Kementeria­n Keuangan. Pemerintah bisa kirim langsung kepada masyarakat. Kami harus dorong mimpi tentang subsidi yang langsung diberikan kepada warga melalui sistem pembayaran dengan kartu,’’ tuturnya.

Bahkan, Bambang mengungkap­kan bahwa seluruh warga Indonesia seharusnya memiliki smart card selain smart money. Apalagi dengan perkembang­an teknologi seperti saat ini yang memungkink­an setiap transaksi memakai satu kartu. (dee/c14/agm)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia