Jawa Pos

Lemahnya Aturan Kepemilika­n Senjata Api

-

VIRGINIA – Penembakan oleh Vester Lee Flanagan menjadi salah satu bukti efek samping kepemilika­n senjata api di Amerika Serikat (AS) yang kian memprihati­nkan. Senjata yang digunakan Flanagan untuk membunuh Parker dan Adam Ward dibeli secara legal. Jenisnya adalah pistol Glock 9 milimeter.

Senjata itu dia pesan dua hari setelah tragedi penembakan di Gereja Charleston, South Carolina, pada 17 Juni lalu. Pelaku penem- bakan tersebut adalah Dylann Roof, seorang pemuda kulit putih rasialis dan pembenci orang kulit hitam. Dalam faks yang dikirim ke ABC News, Flanagan menuliskan kebenciann­ya kepada Roof.

Presiden AS Barack Obama mengungkap­kan bahwa kekerasan akibat kepemilika­n senjata api terlalu sering terjadi di negara yang dipimpinny­a itu. Menurut dia, pemerintah AS membutuhka­n aturan yang lebih ketat untuk memastikan orang-orang yang bermasalah tidak bisa memiliki senjata api.

’’Kita mau menghabisk­an triliunan dolar untuk mencegah terorisme. Tapi, sejauh ini kita belum berkeingin­an untuk setidaknya menerapkan langkah-langkah keamanan kepemilika­n senjata api yang masuk akal,’’ ujar Obama. ’’Saya turut berdukacit­a untuk seluruh keluarga yang terimbas kejadian ini (penembakan yang dilakukan Flanagan, Red),’’ tambahnya. Politikus Partai Demokrat itu beberapa kali mengajukan undang-undang kepemilika­n senjata api yang lebih ketat, namun selalu gagal.

Kandidat presiden dari Partai Republik Jim Gilmore dan Ben Carson justru berbeda pendapat dengan Obama. Mereka menilai bahwa memberlaku­kan undangunda­ng kontrol kepemilika­n senjata api yang lebih ketat dengan terlalu terburu-buru tidaklah baik.

’’Kami tidak akan membiarkan orang gila ini (Flanagan, Red) mengambil hak penduduk Amerika yang dilindungi undang-undang untuk memiliki dan menggunaka­n senjata api,’’ ujar mantan Gubernur Virginia Jim Gilmore. (BBC/CNN/ sha/c6/ami)

 ?? JAY PAUL/GETTY IMAGES/AFP ??
JAY PAUL/GETTY IMAGES/AFP
 ?? AFP PHOTO/SOCIAL MEDIA ?? PELAKU TEMAN KORBAN: Pistol
maut terlihat diacungkan saat Alison Parker melakukan siaran langsung di Bridgewate­r Plaza, Moneta, Virginia (atas). Matthew Fajardo dan William meletakkan karangan bunga dan lilin sebagai penghormat­an mengenang dua...
AFP PHOTO/SOCIAL MEDIA PELAKU TEMAN KORBAN: Pistol maut terlihat diacungkan saat Alison Parker melakukan siaran langsung di Bridgewate­r Plaza, Moneta, Virginia (atas). Matthew Fajardo dan William meletakkan karangan bunga dan lilin sebagai penghormat­an mengenang dua...
 ?? AFP PHOTO/WHSV TV ?? TERSANGKA: Vester Lee Flanagan alias Bryce Williams.
AFP PHOTO/WHSV TV TERSANGKA: Vester Lee Flanagan alias Bryce Williams.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia