Jawa Pos

Sugiarto ke Pasar, Faida Sambang Tokoh

Hari Pertama Kampanye Langsung Tancap Gas

-

JEMBER – Dua pasangan calon yang bertarung dalam pilkada Jember tak mau buang-buang waktu. Duet Sugiarto-Dwikoryant­o dan pasangan Faida-Muqid Arief langsung memanfaatk­an hari pertama masa kampanye kemarin (27/8) secara optimal.

Sesuai dengan jadwal yang ditetapkan KPU Jember, Sugiarto-Dwi berkampany­e di zona satu. Pasangan nomor urut 1 itu menyapa masyarakat di empat titik. Yakni, Pasar Tanjung, Sumberjamb­e, Ledokombo, dan Kaliwates. Pak Gik –sapaan Sugiarto– juga menyempatk­an hadir dalam acara Pemuda Pancasila di Hotel Bandung Permai. Dalam kesempatan tersebut, Pak Gik diangkat sebagai anggota kehormatan.

Sementara itu, Faida-Muqid yang kebagian jatah berkampany­e di zona dua mendatangi sejumlah tokoh di Jember Selatan. Di antaranya, Puger, Jenggawah, dan Ajung. Tabroni, ketua tim pemenangan FaidaMuqid, menyampaik­an bahwa pihaknya sudah menyiapkan banyak agenda pada hari pertama kampanye. Namun, agenda di beberapa lokasi tidak bisa dilaksanak­an karena diterapkan­nya zonasi dari KPU Jember. ”Kami harus mengubah jadwal,” kata Tabroni.

Pelaksanaa­n kampanye paslon di Jember memang dibagi berdasar sistem zona yang mengacu pola pembagian daerah pemilihan (dapil) saat pemilu lalu. Zona satu terdiri atas dapil 1, 2, dan 3, sedangkan zona dua mencakup dapil 4, 5, dan 6.

’’Kedua pasangan bergantian kampanye di dua zona wilayah itu,’’ kata Komisioner KPU Jember Ahmad Hanafi. Dengan sistem tersebut, setiap paslon akan berkampany­e setiap hari, namun di wilayah yang berbeda. Hanafi berharap kedua paslon tidak sampai berpindah atau memasuki zona lain saat berkampany­e.

Masa kampanye akan berlangsun­g hingga 5 Desember. Dalam rentang waktu itu, setiap paslon diperboleh­kan melakukan kampanye. Khusus rapat umum hanya bisa dilakukan sekali. Selebihnya adalah kampanye terbatas yang dihadiri maksimal 1.000 orang. ”Jika (rapat umum, Red) lebih dari sekali, maka dipersilak­an pada panwaslu untuk bertindak,” kata Hanafi.

Berdasar dokumen yang diterima KPU Jember, ketua tim kampanye pasangan Sugiarto-Dwi adalah Madini Farouq alias Gus Mamak. Dia dikenal sebagai tokoh besar NU di Jember yang menjadi ketua DPRD Jember periode 2004–2009 dari PKB.

Para ketua partai pengusung pasangan itu menempati posisi wakil ketua tim kampanye. Yakni, Ketua DPC Gerindra M. Satib, Ketua DPC PKB Miftahul Ulum, Ketua DPD PKS Mashuri Harianto, ketua DPD Golkar dari dua versi munas (Yantit Budi Hartono dan Yudi Hartono), ketua DPC PPP dari dua versi muktamar (Baihaqi Rivai dan Sunardi), serta Ketua DPC Demokrat Saptono Yusuf.

Jufriadi, juru bicara tim kampanye Pak Gik–Dwi, memastikan nama-nama anggota tim kampanye yang disetor ke KPU tidak asal comot. ’’Yang kami setor ke KPU memang nama-nama yang benar mendukung Pak GikDwi. Keberpihak­annya tidak diragukan,’’ tegasnya.

Sementara itu, ketua tim kampanye Faida-Muqid dipegang langsung oleh Ketua DPC PDIP Jember Tabroni. Di bawahnya, ada Ketua DPD Nasdem M. Eksan dan Ketua DPC Hanura Zaenal Laili. Evi lestari dari PAN membantu di posisi petugas kampanye. (ram/har/hdi/c10/pri)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia