Jawa Pos

Van Gaal Bisa Rileks

-

BRUGGE – Bintang anyar Memphis Depay memang tampil brilian untuk Manchester United di playoff Liga Champions. Tapi, itu terjadi pekan lalu pada leg pertama. Leg kedua laga United versus Club Brugge mutlak jadi milik bintang ’’lama’’ United Wayne Rooney. ’’Saya tidak khawatir meski telah melewati tiga, empat, lima laga tanpa gol,’’ tutur Rooney. ’’ Sebab, ini masih awal musim. Ketika kesempatan datang, saya akan mengambiln­ya,’’ imbuhnya. Rooney membuktika­n diri masih menjadi The Wonder Boy United. Dia melakukann­ya melalui tiga gol ke gawang Brugge. United menang 4-0 di kandang Brugge kemarin dini hari WIB (27/8). Red Devils –julukan United– lolos ke babak utama dengan keunggulan agregat 7-1. Awal momen indah Rooney itu terjadi pada menit ke20. Dia dengan cerdas melewati garis akhir perta h anan musuh setelah menerima umpan terobosan dari Memphis Depay. Rooney pun menunjuk Depay sebagai kreator gol.

Dua gol selanjutny­a tercipta pada menit ke-49 dan 57. Satu gol lainnya dicetak Ander Herrera pada menit ke-63. ’’United pantas bertarung di Liga Champions,’’ tegas Rooney.

Trigol itu jelas membungkam banyak kritik yang dialamatka­n kepada Rooney yang sampai pekan ketiga Premier League belum membuahkan gol. Begitu pula kritik kepada Manajer Louis van Gaal yang dianggap buta akan kebutuhan lini depan timnya. Kritik itu menajam dalam sepekan terakhir setelah United memetik hasil 0-0 melawan Newcastle United pada pekan ketiga Premier League.

Secara pribadi, Rooney menyebut kekuatan mental membuat dia lepas dari masa sulit. ’’Orang-orang membesarka­n masalah di belakang itu,’’ ujar Rooney. ’’Semua yang disebabkan oleh sosokku dan siapa diriku akan mendapatka­n publikasi lebih,’’ tambah Rooney yang telah mencetak 39 gol bagi United di ajang Eropa.

Satu kekhawatir­an Van Gaal pun mulai berkurang. Dalam sepekan terakhir, United disebut-sebut membidik beberapa penyerang top di Eropa, mulai Gareth Bale hingga Neymar.

Kini, Van Gaal bisa sedikit rileks. Namun, arsitek Belanda di Piala Dunia 2014 itu menegaskan tidak akan menghadiri drawing pembagian grup Liga Champions. ’’Saya tidak punya pengaruh terhadap hasil drawing,’’ ungkap Van Gaal. (rif/c17/ady)

 ?? EPA/OLIVIER HOSLET ?? PECAH TELUR: Striker United Wayne Rooney merayakan golnya ke gawang Club Brugge bersama rekannya, Ander
Herrera, kemarin dini hari WIB.
EPA/OLIVIER HOSLET PECAH TELUR: Striker United Wayne Rooney merayakan golnya ke gawang Club Brugge bersama rekannya, Ander Herrera, kemarin dini hari WIB.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia