Jawa Pos

Ruben Incar KO Kedua

-

KEJUARAAN tinju yang memperebut­kan sabuk juara Menpora Republik Indonesia menjadi pemicu gairah tinju profesiona­l Indonesia. Lima pertarunga­n akan digelar pada perhelatan perdananya hari ini (28/8) di halaman Kemenpora, Jakarta.

Lima duel itu menandai pelantikan badan tinju baru tanah air, Federasi Tinju Profesiona­l Indonesia (FTPI). Sebelum FTPI, sudah ada empat badan tinju profesiona­l lainnya.Yakni, Komisi Tinju Indonesia (KTI), Komisi Tinju Profesiona­l Indonesia (KTPI), Asosiasi Tinju Indonesia (ATI), dan Federasi Tinju Indonesia (FTI).

Di antara lima laga profesiona­l yang dilakukan hari ini, partai puncak akan mempertemu­kan Gusti El Nino (Sasando BC Jakarta) lawan Ruben Manakane (Nainggolan BC Jakarta) di kelas bulu (57,1 kg). Laga perebutan sabuk juara Menpora tersebut rencananya berlangsun­g delapan ronde.

Ruben mengaku cukup optimistis menang untuk kali kedua. Pada pertemuan pertama di Ternate pada Januari tahun lalu, petinju berusia 22 tahun itu menang knockout (KO) ronde kelima. ’’Kalau sudah menang, pastinya ingin menang lagi di pertemuan kali ini,’’ tuturnya. Sayangnya, dalam timbang badan kemarin, dia sempat kelebihan bobot sampai 2 kilogram.

Gusti tidak gentar. Membalas sesumbar Ruben untuk bisa menang KO kali kedua atas dirinya, Gusti memilih diam. Petinju asal NTT itu balas menyebar tantangan halus kepada calon lawannya tersebut. ’’Kita tinju di atas ring, bukan di luar ring,’’ kata Gusti. ’’Saya belajar banyak dari kesalahan yang dulu,’’ ucapnya. (dra/c20/ady)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia