Jawa Pos

Bangun Lapangan Dupak Bangunsari

-

KREMBANGAN – Kawasan eks lokalisasi Dupak Bangunsari berbenah. Sebuah lapangan akan disulap menjadi pusat kegiatan warga. Selain aktivitas olahraga, lapangan itu akan difungsika­n sebagai sentra pedagang kaki lima (PKL) yang tersebar di berbagai sudut Kelurahan Dupak.

Berdasar pengamatan Jawa Pos, saat ini sisi selatan lapangan telah ditinggika­n. Pekerja masih terus melakukan pengurukan lahan dan pemavingan yang start akhir Juli lalu. Peninggian lantai lapangan mencapai 50 sentimeter. Ketika musim hujan, diharapkan permukaan lantai lapangan tidak tergenang air.

Camat Krembangan Yanu Mardianto menyatakan, pembanguna­n Lapangan Dupak Bangunsari tersebut berasal dari usulan warga. Kondisi lapangan itu cukup memprihati­nkan saat musim kemarau maupun hujan. ’’Saat musim kemarau, debu beterbanga­n hingga mengganggu warga yang tengah memanfaatk­an lapangan tersebut untuk berolahrag­a,’’ jelas Yanu kemarin (27/8). Ketika musim hujan, kondisi tanah becek dan hampir tidak bisa digunakan.

Sisi selatan lapangan akan dibangun sebagai area olahraga. Selain lapangan inti, akan ditambah sebuah lapangan futsal dan jogging track. Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Surabaya merupakan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang mengerjaka­n pembanguna­n areal olahraga.

Rencananya, PKL dan stan pedagang ditempatka­n di sisi utara. Pembanguna­n sentra PKL akan dilakukan pada tahap selanjutny­a. ’’Kini perencanaa­n pembanguna­n stan pedagang dalam pembahasan detail engineerin­g design (DED),’’ lanjutnya.

Pria asli Surabaya itu menyatakan, selain dispora, beberapa SKPD lain akan terlibat. Misalnya, Dinas Koperasi dan UMKM Surabaya untuk penanganan sentra PKL/UKM serta Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Surabaya untuk pembuatan taman/area hijau.

Ketua Badan Keswadayaa­n Masyarakat (BKM) Kelurahan Dupak Suto mengaku bersyukur usulan renovasi Lapangan Dupak sejak 2014 itu akhirnya terealisas­i. ’’Lapangan ini nanti bisa menjadi pusat kegiatan positif bagi warga tanpa mengenal umur,’’ ungkap Suto. Keberadaan lapangan itu, lanjut Suto, sangat vital. Selama ini, tak kurang dari sembilan sekolah yang memanfaatk­an lapangan tersebut.

Begitu pula dengan banyaknya PKL di kawasan Dupak yang membutuhka­n tempat memadai dan tak melanggar aturan. Saat ini, pihaknya telah mendata sejumlah PKL dan UKM untuk diusulkan bisa menempati sisi utara lapangan. Hasilnya, ada 68 PKL di berbagai sudut Kelurahan Dupak, 35 UKM, dan 50 PKL yang berjualan di pinggir Jalan Demak, sisi Kelurahan Dupak. (aya/c23/nda)

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? UNTUK WARGA: Pembanguna­n Lapangan Dupak Bangunsari sedang dalam tahap pengurukan.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS UNTUK WARGA: Pembanguna­n Lapangan Dupak Bangunsari sedang dalam tahap pengurukan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia