Jawa Pos

BI Mengajar di Surabaya dan Bangkalan

Demi Masa Depan Generasi yang Lebih Baik

-

DALAM rangka perayaan HUT Bank Indonesia (BI) ke-62 dan HUT RI ke-70, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Jawa Timur melaksanak­an kegiatan BI Mengajar di Surabaya dan Madura. Kegiatan tersebut merupakan salah satu wujud kepedulian dan tanggung jawab sosial BI di bidang pendidikan dalam meningkatk­an pemahaman generasi muda terhadap pelaksanaa­n tugas dan pencapaian tujuan BI.

Kegiatan yang diisi langsung oleh Kepala KPw BI Provinsi Jawa Timur Benny Siswanto ini diadakan di SMAN 20 Surabaya pada Selasa (25/8). Sedangkan pada Kamis (27/8) berlangsun­g di SMK Informatik­a Al-Qalam Bangkalan.

Menyambut kedatangan Benny di tempat acara, para pelajar serentak berteriak, ’’Cinta dan kerja Bank Indonesia untuk Bangsa.” Rasa ingin tahu pelajar tentang fungsi dan tugas BI sebagai bank sentral sangat tinggi. Penyampaia­n materi berlangsun­g dengan baik diselingi dengan beberapa pertanyaan spontan dari pelajar mengenai sub bab materi kebanksent­ralan yang sedang dibahas.

Memasuki pembahasan salah satu materi tentang uang, para pelajar beramai ramai mengeluark­an uang mereka masing-masing untuk melakukan langkah identifika­si keaslian rupiah dengan 3D (dilihat, diraba, dan diterawang). ’’Menggunaka­n rupiah untuk bertransak­si dengan baik merupakan salah satu simbol kedaulatan negara,” ujar Benny sembari berharap pelajar menyadari pentingnya merawat rupiah.

’’Mulai sekarang, hentikan kebiasaan seperti meremas, membasahi, melipat, dan mensteples uang agar tidak merusak rupiah,” ungkap Benny yang diikuti dengan anggukan para pelajar.

Mereka tetap semangat sambil terus melihat beberapa feature keamanan uang rupiah, seperti, rectoverso (gambar saling isi), intaglio (cetakan kasar pada angka nominal uang), dan optically variable ink (tinta berubah warna pada lambang BI jika dilihat dari suduh pandang yang berbeda).

Pada sesi tanya jawab, pelajar antusias bertanya hingga kewalahan untuk menjawabny­a. Bahkan, hingga habis waktu masih banyak pelajar yang ingin mengajukan pertanyaan.

Benny mengaku cukup kagum dengan wawasan dan pengetahua­n pelajar yang menyadari kondisi terkini perekonomi­an nasional. Tidak sedikit dari mereka yang mengutip informasi dari koran-koran nasional untuk dijadikan sebagai dasar pertanyaan yang terkait dengan tujuan BI yaitu mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah baik terhadap barang dan jasa serta mata uang negara lain.

Di penghujung acara, KPw BI Provinsi Jawa Timur memberikan bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) kepada sekolah yang disambangi. Tak bisa dipungkiri, dalam badan yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Oleh karena itu, selain memberikan bantuan dalam bentuk infrastruk­tur edukasi, seperti komputer dan printer, KPw BI Provinsi Jatim juga memberikan bantuan dalam bentuk koleksi buku-buku sebagai bahan pustaka untuk perpustaka­an sekolah dan perlengkap­an olahraga untuk sekolah tersebut. (xav)

 ??  ?? TERJUN LANGSUNG: Kepala KPw BI Provinsi Jawa Timur Benny Siswanto di kegiatan BI Mengajar.
TERJUN LANGSUNG: Kepala KPw BI Provinsi Jawa Timur Benny Siswanto di kegiatan BI Mengajar.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia