Jawa Pos

Indonesia Upayakan Bebas Visa Schengen

-

JAKARTA – Pemerintah terus berusaha memberikan kemudahan bagi WNI yang ingin bepergian ke luar negeri. Salah satu langkahnya adalah mengupayak­an pembebasan visa ke Uni Eropa.

Juru Bicara Kementeria­n Luar Negeri (Kemenlu) Arrmanatha Nasir menjelaska­n, pihaknya terus mengemukak­an usul pembebasan visa Schengen di setiap pertemuan dengan perwakilan negara-negara Uni Eropa. Visa tersebut bisa membuat seseorang bebas masuk ke 26 negara di wilayah Eropa dalam jangka waktu tertentu.

”Saat bertemu dengan menteri luar negeri (Menlu) Lithuania kemarin (Kamis, 27/8, Red), Ibu Menlu (Retno Marsudi) pun kembali meminta dukungan terhadap usul bebas visa Schengen. Hal ini menunjukka­n niat tegas Kemenlu untuk terus mendorong hal tersebut segera direalisas­ikan pihak Uni Eropa,” terangnya.

Selama ini, lanjut Arrmanatha, respons yang didapat cukup positif. Respons itu juga ditunjukka­n Menlu Lithuania Linas Antanas Linkeviciu­s. Meski begitu, hal tersebut tidak berarti proses bebas visa Schengen bisa segera direalisas­ikan. Menurut Arrmanatha, kebijakan itu memerlukan persetujua­n semua negara yang tergabung dalam Uni Eropa.

”Yang jelas, kami terus menggalang dukungan terhadap semua negara dengan visa Schengen. Kami yakin Indonesia sangat berhak mendapatka­n status bebas visa dari Uni Eropa dari situasi beberapa tahun terakhir,” imbuhnya.

Arrmanatha mengatakan, jumlah pengaju visa Schengen dari Indonesia pada 2014 sudah mencapai 143.976 orang. Dari total pengaju itu, pihak administra­si Schengen hanya menolak sekitar 1,1 persen. Hal tersebut membuktika­n bahwa arus besar WNI ke wilayah Eropa selama ini hampir selalu lolos persyarata­n.

”Ditambah lagi, kasus-kasus yang ada dari WNI bervisa Schengen sangat sedikit. Hal itu kami pakai sebagai dasar pertimbang­an untuk mengajukan agar WNI bisa bebas visa tersebut.” (bil/c9/nw)

 ??  ??
 ?? MIFTAHULHA­YAT/JAWA POS ?? PENGURUS BARU: Ketua Peradi Fauzie Yusuf Hasibuan (tiga kanan) berfoto bersama setelah melantik para pengurus Dewan Pimpinan Nasional Peradi di Hotel Mulia, Jakarta, Jumat (28/8).
MIFTAHULHA­YAT/JAWA POS PENGURUS BARU: Ketua Peradi Fauzie Yusuf Hasibuan (tiga kanan) berfoto bersama setelah melantik para pengurus Dewan Pimpinan Nasional Peradi di Hotel Mulia, Jakarta, Jumat (28/8).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia