Jawa Pos

Siapkan Perangkat Pendukung 4G LTE

Smartfren Perluas Jaringan

-

SURABAYA – PT Smartfren Telecom Tbk menuai hasil atas investasi besar-besaran beberapa tahun lalu untuk pengembang­an jaringan 4G LTE. Kini mereka siap menyediaka­n jaringan 4G LTE secara langsung di 22 kota di Indonesia.

Chief Executive Officer PT Smartfren Telecom Tbk Paul Hodges mengklaim memiliki jaringan 4G LTE paling luas bila dibandingk­an dengan operator lain yang mempunyai layanan serupa.

’’Keinginan kami, jaringan 4G LTE sama dengan CDMA. Dapat dikatakan, jaringan 4G LTE yang kami luncurkan menyeluruh satu negara. Bukan hanya di beberapa kota, tapi langsung di 22 kota,’’ ujarnya pada sela peluncuran 4G LTE Kamis malam (27/8).

Kesiapan itu tidak terlepas dari investasi yang sudah digelontor­kan. Pihaknya telah berinvesta­si besarbesar­an untuk membangun jaringan 4G. ’’Kami lebih dulu berinvesta­si. Jadi, ketika operator lain memilih investasi untuk memperbesa­r jaringan 3G, kami sudah mulai di jaringan 4G,’’ ungkap Hodges.

Pekan lalu pihaknya meluncurka­n 4G LTE di Jakarta. Sebelum di Surabaya, pihaknya memperkena­lkan jaringan tersebut di Palembang. Kemudian, dilanjutka­n di Denpasar dan kota-kota besar lain di Indonesia.

’’Selain terluas, kami didukung dua moda sekaligus, yaitu TDD ( time division duplex) dan FDD ( frequency division duplex),’’ tuturnya. Artinya, jaringan Smartfren bisa beroperasi di dua frekuensi. Yakni, TDD 2.300 MHz untuk kecepatan dan kapasitas jaringan, serta FDD 850 MHz untuk jangkauan yang lebih luas. (res/c14/agm)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia