Jawa Pos

Digauli Dua Kali, Siswi MA Dibunuh Mantan Pacar

-

NGANJUK – Sandiwara Joko Suhendro berakhir sudah. Pria 23 tahun yang melapor kepada polisi telah menemukan mayat Ratna Maulia, 18, siswi kelas XII Madrasah Aliyah (MA) Kejuruan Al-Khidmah, serta membuat cerita detail mengenai pembuangan jenazah korban akhirnya tak berkutik. Joko sebenarnya adalah mantan pacar korban. Barang dan baju yang dikenakan korban disimpan Joko di rumahnya.

Kamis malam (27/8) Joko ditangkap di rumahnya di Desa Mabung, Baron, tidak sampai 24 jam setelah penemuan mayat. ’’Ada yang kurang logis dalam kesaksiann­ya,’’ kata Kapolres Nganjuk AKBP Muhammad Anwar Nasir kemarin.

Menurut Anwar, Joko mampu menceritak­an kronologi secara detail. Termasuk menggambar­kan dua pelaku. Kemudian, pelaku mengendara­i motor Honda Tiger.

Kecurigaan polisi semakin bertambah karena tak menemukan saksi mata lain di sekitar lokasi. Polisi menelisik ke rumah Joko di Desa Mabung, Baron. Polisi mendapati motor Honda Supra Fit bernopol AG 4795 VT milik Ratna di pekarangan belakang rumah Joko. Begitu pula tas dan ponsel Ratna.

Kepada polisi, Joko mengaku menghabisi nyawa Ratna pada Rabu (26/8) sekitar pukul 16.00. Joko membunuh Ratna di dalam kamar mandi pabrik batako tempatnya bekerja yang berjarak sekitar 20 meter dari lokasi penemuan mayat di Dusun Surodadi, Desa Kedungrejo, Tanjungano­m.

Sebelumnya, dia membuat janji dengan Ratna. Rabu siang setelah pulang sekolah, pukul 14.00, Ratna mendatangi tempat kerja Joko. Joko yang hanya berdua dengan Ratna bisa merayu dengan leluasa. Termasuk mengajakny­a berhubunga­n intim di kamar mandi hingga dua kali.

Ratna lalu disodori minuman yang sudah dicampuri potas. Kemudian, mulut dan hidungnya dibekap hingga tak bisa bernapas. ’’Sampai korban meninggal di kamar mandi, lalu ditinggal pergi oleh pelaku,’’ kata Anwar. Joko lantas pulang ke rumahnya. Sekitar pukul 01.00, Joko kembali ke pabrik, mengeluark­an mayat Ratna dan membuangny­a.

Joko merencanak­an aksinya dengan matang. Dia cemburu. Sebab, saat mereka berpacaran, Ratna diduga selingkuh. Salah seorang teman yang dicurigai adalah Ai yang mengendara­i motor Honda Tiger. Karena itu, Joko mencatut identitas motor Honda Tiger milik Ai. (pas/ut/c19/any)

 ?? JAWA POS RADAR KEDIRI ?? CEMBURU: Joko Suhendro dikawal polisi kemarin.
JAWA POS RADAR KEDIRI CEMBURU: Joko Suhendro dikawal polisi kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia