Jawa Pos

Tabung Gas Meledak, 2 Rumah Terbakar

-

BANGKALAN – Warga Lebak Barat, Desa/Kecamatan Sepulu, dikagetkan dengan terbakarny­a dua rumah di dusun mereka sekitar pukul 08.12 kemarin (28/8). Rumah milik Muntamar dan Mukri dilalap si jago merah. Dalam waktu sekitar sejam, atap dua rumah tersebut ludes.

Lokasi rumah Muntamar dan Mukri berdempeta­n karena keduanya masih mempunyai hubungan kekerabata­n. Untungnya, insiden kebakaran itu tidak sampai membawa korban.

Sukardi, salah seorang saksi mata, menyatakan mendengar ledakan keras dari rumah Muntamar sebelum terjadi kebakaran. Karena kaget, dia pun langsung keluar untuk mendatangi sumber suara tersebut. ’’Saya kaget karena kobaran api sudah membesar. Saya langsung berteriak dan minta pertolonga­n warga lainnya,’’ katanya.

Menurut dia, warga berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya. Upaya pemadaman dapat dilakukan lebih cepat karena warga menggunaka­n lima pompa air. ’’Api cepat membesar karena banyak tumpukan kardus, tabung gas, dan bensin di dalam gudang. Toko Muntamar berada di depan rumahnya. Karena itulah, api langsung membesar,’’ ujarnya.

Muntamar mengungkap­kan, sebelum kebakaran tersebut terjadi, dirinya berada di rumah. ’’Soal pemicu kebakaran, kemungkina­n karena ada tabung gas yang meledak. Setelah saya mendatangi sumber suara, api sudah membesar. Saya hanya bisa menyelamat­kan sepeda motor, dompet berisi uang, dan STNK (surat tanda nomor kendaraan),’’ terang pria 58 tahun tersebut.

Sementara itu, Mahmud Tabrani, kepala Desa (Kades) Sepulu, menyatakan langsung menghubung­i Polsek Sepulu setelah menerima informasi bahwa rumah salah seorang warganya dilalap api. Tujuannya, meminta bantuan petugas pemadam kebakaran. ’’ Tetapi, petugas pemadam kebakaran tiba setelah api berhasil dipadamkan warga. Mungkin, karena jaraknya lumayan jauh. Apalagi, untuk kondisi jalannya, banyak yang rusak,’’ ungkapnya. (rul/ yan/c20/dwi)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia