Jawa Pos

Kepakan Sayap Blue Army

-

PERFORMA juara bertahan Chelsea kurang dahsyat pada awal musim ini. Tetapi, kehadiran Pedro membuat daya serang semakin tajam. Bursa di Eropa rata-rata menjagokan Chelsea tidak kesulitan melibas Crystal Palace di Stamford Bridge. Hanya, kali ini bursa mempunyai pandangan yang sangat beragam terhadap peluang Palace menang. Ladbrokes hanya berani memberikan kompensasi 7,5 kali lipat, sedangkan Coral terbilang besar hinga 10 kali lipat. Asian Handicap memprediks­i bisa dua gol atau lebih. (rif/c20/ham)

Bursa William Hill Ladbrokes Totesport Coral Home 1,35 1,36 1,35 1,36 Asian Handicap Chelsea vs Crystal Palace Newcastle vs Arsenal Aston Villa vs Sunderland Bournemout­h vs Leicester Liverpool vs West Ham Manchester City vs Watford Stoke vs West Brom Draw 4,75 5 5 4,33 0:1 1/2 1:0 0:1/2 0:1/4 0:1 1/2 0:2 0:1/2 Head-to-Head 03/05/15 Chelsea vs Crystal Palace 18/10/14 Crystal Palace vs Chelsea 29/03/14 Crystal Palace vs Chelsea 14/12/13 Chelsea vs Crystal Palace 17/07/10 Crystal Palace vs Chelsea Chelsea menang Imbang

15 9 Away 9,5 7,5 11 10 1-0 1-2 1-0 2-1 0-1 Crystal Palace menang

3

1

2

24 2424 4

5

28

212 2121 212

4

17 1717

22 2222

10

19 1919

LONDON – Juara bertahan Chelsea mengawali musim ini layaknya anak burung yang baru belajar terbang. Banyak hambatan yang dihadapi. Tetapi, kedatangan Pedro telah menghadirk­an optimisme. Striker yang direkrut dari Barcelona itu langsung setel dengan tim.

Pedro membuat dua sayap The Blues –julukan Chelsea– hidup dalam debutnya melawan West Bromwich Albion (23/8). Tidak hanya terpaku di sayap kiri yang dikuasai

17

11

42 4242

262

7 Eden Hazard. Akankah itu berlanjut saat menjamu Crystal Palace malam ini ( siaran langsung Indosiar pukul 20.30 WIB).

Bermain di Stamford Bridge, tentu Chelsea tidak ingin mengulang kesalahan pada pekan pertama. Yakni, ditahan seri Swansea City 2-2- (8/8), atau kalah telak 0-3 oleh Manchester City di partai tandang. Mereka ingin mengulang kemenangan atas West Bromwich

2

181 8

27 2727

6

23

Memang, ketika melawan West Bromwich, Chelsea kebobolan dua gol. Meski begitu, kiper Chelsea Thibaut Courtois masih bisa tersenyum. Sebab, daya serang timnya semakin dahsyat. Dua sayap Chelsea bisa berkepak.

Sebelum Pedro hadir, sisi sayap kanan selalu mendominas­i alur serangan Chelsea melalui Eden Hazard. Karena menyadari ketergantu­ngan Chelsea akan Hazard, lawan-lawan se- ring membuat pertahanan berlapis kepada pemain asal Belgia itu.

’’Namun, saat Pedro datang, lawan takkan lagi bisa melakukan itu. Sebab, itu akan membuat sisi lapangan yang lain terbuka untuk dieksploit­asi,’’ ujar Courtois sebagaiman­a dilansir Evening Standard.

Ya, kalau sekarang lawan-lawan Chelsea terlalu berfokus menutup Hazard, Pedro bisa bergerak liar. Sejak Pedro menjalani latihan pertama, optimisme tim terbangun. Dia membuat perbedaan. Saat de- but, dia mencatat satu gol dan satu assist.

’’Kami tidak perlu menunggu lama untuk melihat kapasitasn­ya. Dia mampu membawa performa itu ke laga pertamanya,’’ ujar kiper berusia 23 tahun tersebut.

Berdasar statistik, pergerakan dua sayap Chelsea memang lebih hidup saat melawan West Brom. Kalau dalam dua laga sebelumnya serangan dari kiri mencapai 40 persen, saat Pedro hadir persentase itu langsung turun.

Berimbangn­ya aliran bola di dua sisi lapangan membuat lini tengah Chelsea lebih mudah mendistrib­usikan bola. Apalagi, sosok jenderal lapangan itu bernama Cesc Fabregas. Pemain alumnus La Masia itu paham benar dengan kebiasaan-kebiasaan Pedro selama satu tim di Barcelona. Tidak dapat dimungkiri, kehadiran Fabregas di lini tengah Chelsea menjadi salah satu alasan cepatnya masa adaptasi Pedro.

Selain itu, lini depan dihuni pemain asala Spanyol lainnya, yakni striker Diego Costa. Juga ada César Azpilicuet­a yang mengisi bek kanan atau kiri Chelsea. ’’London menarik bagiku sebagai sebuah kota. Namun, yang utama adalah karena ada teman-temanku di sini,’’ terang Pedro.

Jadi, meski masih punya masalah dengan buruknya kinerja pertahanan Chelsea, Manajer Jose Mourinho bisa tetap percaya diri. Setidaknya, kinerja lini serang sudah membaik. Melawan Palace, jantung pertahanan akan dihuni Gary Cahill dan Kurt Zouma. Sebab, John Terry dalam masa hukuman.

Keroposnya pertahanan itu pula yang membuat Chelsea ma sih ngotot mencari bek anyar sebelum bursa transfer ditutup. Mereka mengincar bek Everton John Stones dan bek klub Tiongkok Guangzhou Evergrande Zhang Linpeng.

Di sisi lain, Palace yang mengawali musim ini dengan dua kemenangan atas Norwich City dan Aston Villa serta sekali kalah oleh Arsenal tidak begitu yakin bisa mengatasi Chelsea. Manajer Alan Pardew mengatakan, dibutuhkan lebih dari sekadar modal bagus.

Lagi pula, rekor mereka buruk ketika melawan Chelsea. Mereka kalah enam kali dari tujuh bentrokan terakhir. Satu pertanding­an sisa berakhir seri.

Soal sayap Chelsea yang berbahaya, Pardew tidak terlalu takut. Ada hal lain yang lebih dia khawatirka­n. ’’Mourinho membuat timnya sangat terorganis­asi. Mereka mampu melakukan serangan balik di waktu kapan pun. Anda harus dalam level konsentras­i tinggi untuk bisa menang di sana,’’ terangnya.

Pardew tidak ingin membebani tim dengan target mencuri poin. Menurut dia, dengan performa tim berjuluk The Eagles itu, saat ini yang terpenting ialah menjaga konsistens­i di setiap pertanding­an. Dia pun menilai, bertemu Chelsea dan Manchester City pada pekanpekan pembuka menguntung­kan tim.

’’Kalau bisa terus mempertaha­nkan performa ini, kami yakin bisa menembus kompetisi Eropa musim depan,’’ kata Pardew.

Kapten Palace Mile Jedinak yang mungkin tidak bisa turun karena cedera meyakini timnya bisa mencuri angka di Stamford Bridge. ’’Kuncinya terletak pada level konsentras­i dalam membagi perhatian terhadap kemampuan individu lawan,’’ katanya. (rif/c4/ham)

 ?? REUTERS ?? SULIT DIHENTIKAN: Eden Hazard kini tidak lagi sendirian berjuang di sisi sayap serangan Chelsea. Itu akan membuat mereka lebih dahsyat saat melawan Crystal
Palace petang ini.
REUTERS SULIT DIHENTIKAN: Eden Hazard kini tidak lagi sendirian berjuang di sisi sayap serangan Chelsea. Itu akan membuat mereka lebih dahsyat saat melawan Crystal Palace petang ini.
 ?? /JAWA POS BUDIONO ??
/JAWA POS BUDIONO
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia