Jawa Pos

Tidak Ada Alasan Kalah

-

Bayern Muenchen kontra Bayer Leverkusen nanti menjadi momen reuni bagi Arturo Vidal. Pemain asal Cile itu pernah empat musim berkostum Leverkusen. Seperti apa penampilan­nya? Membawa Leverkusen menjadi Bundesliga (2010–2011)

tertinggi di tim dan nomor 2 di liga (2010–2011) Babak 16 besar Europa League (2010–2011

empat tahun bersama Bayer Leverkusen dan Juventus membuat gaya bermain Arturo Vidal mengalami banyak perubahan. Dari komparasi musim terakhirny­a di dua tim tersebut, saat berkostum Leverkusen, Vidal lebih sering bertindak sebagai pengumpan. Itu sama dengan peran yang diharapkan Pep Guardiola darinya di Bayern saat ini. Gol: Assist: Shot per goal: Key pass: Dribel: Rerata passing: Crossing: Umpan terobos: Gol: Assist: Shot per goal: Key pass: Dribel: Rerata passing: Crossing: Umpan terobos:

striker asal Korea Selatan Son Heung- min bisa jadi bakal membuat penampilan Leverkusen tidak stabil. Tuan rumah diprediksi tidak menemui banyak kesulitan untuk menaklukka­n mereka. Namun, apakah Bayern akan menang besar sekali, tampaknya, tidak. Selisih satu gol, itulah kemungkina­n terbesar.

Bursa

William Hill

Ladbrokes

Bwin

Bet365

Asian Handicap 7 4 1,9/laga 1,3/laga 0,3/laga 49,5/laga 0,4/laga 0,1/laga 10 11 1,6/laga 2/laga 0,8/laga 57,3/laga 0,8/laga 0,1/laga

Home

1,29

1,33

1,3

1,3

Muenchen vs Leverkusen

Draw

5

5,5

5,25

5,5

Away

11

9

9

10

0:1½

CLAUDIO Pizarro bakal akal jadi pemain yang paling ingin diturunkan­nkan saat Bayern Muenchen menjamu Bayer Leverkusen nanti malam. Jika dia diperkenan­kan menginjak rumput Allianz Arena dengan status sebagai anggota skuad Bayern, momen farewell nanti sangat indah.

Sayang, Pizarro hanya masuk stadion sebagai pemain yang akan meninggalk­an klub. Kontrak pemain asal Peru itu habis pada musimmusi panas lalu dann tidak diperbarui. ’’Aku yakin,yakin perpisahan nantianti sedikit emosional,’’ ucap striker 36 tahun itu kepada

Hampir seluruh karir Pizarro berkaitan dengan Bayern. Dia kali pertama direkrut pada 2001 dan pamornya segera meroket. Dia menjadi pemain kunci ketika Bayern merebut juara Bundesliga dan DFB Pokal musim 2002–2003. Hingga kontraknya habis pada 2007, dia membukukan 71 gol.

MUENCHEN – Dua kemenangan, tujuh gol, dan hanya sekali kebobolan. Itulah catatan Bayern Muenchen dalam dua

pertama Bundesliga. Dengan tersebut, tentu tidak ada alasan untuk tidak percaya diri, bukan? Perjalanan mengejar gelar juara Bundesliga kali keempat beruntun berlanjut saat Bayern Muenchen menjamu Bayer Leverkusen di Allianz Arena nanti malam (

Fox Sports pukul 23.30). Die Rotten –sebutan Bayern– punya bekal konfidensi ekstra. Namanya adalah Arturo Vidal. Eks bomber Juventus itu tidak asing dengan Leverkusen, klub pertamanya di Eropa setelah direkrut dari Colo-Colo pada 2007. Empat musim bersama Leverkusen, di Bundesliga dia tampil 117 kali, mencetak 15 gol, dan mengundang 20

Gelandang timnas Cile tersebut gembira bisa bereuni dengan klub yang membesarka­n namanya. ’’Ini adalah pertanding­an spesial buatku,’’ tutur Vidal sebagaiman­a dilansir ’’Aku berterima kasih kepada Bayer atas kesempatan yang mereka berikan di Eropa,’’ lanjutnya.

Selain faktor Vidal, klub dengan julukan lain FC Hollywood itu diuntungka­n dengan kondisi terkini Leverkusen. Tim tamu tidak akan diperkuat winger lincah Korea Selatan Son Heung-min yang memutuskan hengkang ke Tottenham Hotspur.

Keputusan pemain yang dijuluki Cristiano Ronaldo-nya Asia atau ’’Sonaldo’’ oleh fans Leverkusen tersebut merupakan pukulan telak. Sebab, Sonaldo memegang rekor sebagai satu-satunya pemain dari lini tengah yang mencetak di Bundesliga musim lalu ketika timnya mengalahka­n VfL Wolfsburg. Meski di atas kertas Bayern bisa menaklukka­n Leverkusen, pelatih Pep GuardiolaG­u tidak

ma mau meremeh-

SetelahSet­el itu, dia membela Chelsea selama dua musim.musim Premier League tidak cocok bagi dia. Pizarro hanya tampil 21 kali dan mencetak dua gol. Dia pun lantas dipinjamka­n ke Werder Bremen. Bremen sempat membuatnya bersinar lagi dengan 17 gol di satu musim (2008–2009). Statusnya pun dipatenkan hingga 2012.

Nah, kelar dari Bremen, Pizarro memilih pulang ke Allianz Arena. Publik Allianz tentu akan mengenangn­ya sebagai substitute yang kan tamu. Der trainer asal Spanyol itu menghadapi kendala di lini belakang. Kartu merah yang diterima Jerome Boateng setelah melawan Hoffenheim pada Sabtu (22/8) membuat lubang di tengah menganga.

Pengganti yang memiliki kualitas yang cukup setara dengan Boateng, Javi Martinez, juga absen karena masih menjalani pemulihan cedera. Opsi satu-satunya bagi Guardiola adalah Dante. Namun, Pep mungkin saja menurunkan Xabi Alonso untuk bertandem dengan Rafinha di sisi kanan serta David Alaba. Menurut pengamat Susie Schaaf, pilihan tersebut cukup berisiko.

’’Jika menengok lima tahun lalu, pilihan itu logis. Sekarang tidak lagi,’’ ujar Schaaf sebagaiman­a dilansir Bayern Central. Alonso, 33, yang sudah dimakan usia mengalami penurunan kecepatan dan pergerakan. Dia bisa menjadi titik lemah bagi Bayern pada laga nanti malam. Guardiola juga dipusingka­n dengan ngambeknya Phillip Lahm. Sang kapten merasa tidak dipercaya untuk turun penuh dalam dua laga perdana. Namun, berdasar perkembang­an terbaru, pemain spesialis bek kanan itu menyatakan tidak bermasalah dengan sang pelatih.

’’Bagi saya, tidak ada masalah. Yang penting, aku sudah berusaha keras dalam setiap pertanding­an. Jadi, itu bukanlah isu yang harus dibesar-besarkan,’’ ungkap Lahm sebagaiman­a dilansir Kicker.

Di sisi lain, Leverkusen tidak punya waktu untuk meratapi kepergian Son ke Tottenham pekan ini. Bermodal performa seperti melawan Lazio di leg kedua playoff Liga Champions (27/8) dan satu kemenangan dari pertemuan terakhir pada musim lalu, pelatih Roger Schmidt optismisti­s mereka bisa menyulitka­n tuan rumah.

Masalahnya, habis-habisan merebut tiket fase grup Liga Champions cukup menguras tenaga Stefan Kiessling dkk. Bila problem lini belakang teratasi, tidak ada alasan bagi skuad Guardiola untuk menuai kekalahan. (apu/c14/na)

Leverkusen vs Muenchen

Leverkusen vs Muenchen

Muenchen vs Leverkusen

Muenchen vs Leverkusen

Leverkusen vs Muenchen

2-0

0-0 (pen 3-5)

1-0

2-1

1-1 sangat efektif membantu Bayern memenangka­n trofi Liga Champions 2013.

Pizarro sejatinya sudah mengucapka­n selamat tinggal pada fans Bayern awal Juli lalu. Tepat setelah kontraknya habis pada 30 Juni. Dia mengucap auf wiedersehe­n melalui Twitter. ’’ Terima kasih kepada seluruh anggota keluarga FC Bayern. Ini adalah saat-saat terindah di karirku. Aku tak akan lupa!’’ tulisnya. (apu/c15/na)

 ?? MICHAELA REHLE/REUTERS
GRAFIS: BOEDIONO/JAWA POS ?? LAGA
SAMA-SAMA
KEPERGIAN
(apu/c23/na)
Tampil
Gol
Assist
PRESTASI TERBAIK
(apu/c23/na)
JUVENTUS (2014–2015)
( apu/ c23/ na)
117
15
20
BAYER LEVERKUSEN (2010–2011)
NOSTAGIC: Gelandang serang Bayern Muenchen
Arturo Vidal diharapkan...
MICHAELA REHLE/REUTERS GRAFIS: BOEDIONO/JAWA POS LAGA SAMA-SAMA KEPERGIAN (apu/c23/na) Tampil Gol Assist PRESTASI TERBAIK (apu/c23/na) JUVENTUS (2014–2015) ( apu/ c23/ na) 117 15 20 BAYER LEVERKUSEN (2010–2011) NOSTAGIC: Gelandang serang Bayern Muenchen Arturo Vidal diharapkan...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia