Jawa Pos

Bekali Kepala Desa Cara Kelola Anggaran

-

SIDOARJO – Para kepala desa (Kades) se-Sidoarjo bakal mendapat pengetahua­n berharga terkait dengan pengelolaa­n anggaran daerah. Hal itu seiring diadakanny­a sosialisas­i Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Dalam kegiatan yang berbentuk workshop dan pelatihan tersebut, para Kades akan mendapat materi mengenai perencanaa­n dan pengelolaa­n anggaran daerah yang

dan responsif gender. Rencananya, rangkaian acara itu berlangsun­g hingga 31 Agustus.

Dalam acara pembukaan kemarin, hadir Resident Director Friedrich Ebert Stiftung (FES) Sergio Grassi, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah, serta Kepala Biro Hukum dari Kementeria­n Koordinasi Pembanguna­n Manusia dan Kebudayaan Retno Dwi Sulistiani. ’’Menteri desa, pembanguna­n daerah tertinggal dan transmigra­si tidak bisa hadir sehingga diwakilkan dalam acara ini,’’ ucap Ketua Penyelengg­ara Acara Sholahudin kepada Jawa Pos kemarin.

Dia menjelaska­n, melalui kegiatan tersebut, para Kades diharapkan bisa menyusun anggaran untuk pembanguna­n daerahnya masing-masing. ’’Nanti juga ada on job training di dua desa untuk mempraktik­kan ilmu yang sudah didapat,’’ tuturnya.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah dalam sambutanny­a mengungkap­kan, Kabupaten Sidoarjo mengalami pertumbuha­n yang signifikan setiap tahunnya. ’’Angka kemiskinan dan penganggur­an setiap tahunnya menurun,’’ terangnya.

Dengan kondisi pertumbuha­n seperti itu, ucap dia, Sidoarjo mampu menarik investor untuk datang dan menanamkan modalnya. ’’Hal itu dapat dilihat dari jumlah penduduk yang meningkat. Bukan karena angka kelahiran, tetapi jumlah warga pendatang,’’ jelasnya.

Kegiatan di Hotel Singgasana Surabaya tersebut merupakan acara yang didukung penuh oleh lembaga FES. Meski mendapatka­n suntikan dana dari pemerintah Jerman, FES merupakan lembaga independen yang bebas dari pengaruh politik. ’’Hubungan antara desa dan distrik hingga provinsi harus saling bekerja sama dalam rangka melaksanak­an program pembanguna­n,’’ kata Sergio menjelaska­n dukunganny­a terhadap workshop dan pelatihan itu.

Selain diskusi dan pemaparan materi mengenai UU Desa oleh pemateri yang ahli di bidangnya, dalam rangkaian acara tersebut, ada musyarawah desa, perencanaa­n pembanguna­n desa, pengelolaa­n keuangan desa, serta pemberdaya­an masyarakat. ( sus/c20/fal)

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? weekend,
enjoy
pro poor
BOY SLAMET/JAWA POS weekend, enjoy pro poor
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ?? GALIH COKRO/JAWA POS ?? LATIH KADES: Suasana workshop pro poor budgeting di Hotel Singgasana Surabaya kemarin.
GALIH COKRO/JAWA POS LATIH KADES: Suasana workshop pro poor budgeting di Hotel Singgasana Surabaya kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia