Jawa Pos

Bersaing Tancap Gas saat Weekend

Para Calon Sibuk Berkampany­e

-

SIDOARJO – Momentum akhir pekan ( weekend) menjadi hari supersibuk bagi para pasangan calon (paslon) bupati-wakil bupati Sidoarjo. Mereka dipastikan tancap gas dengan mendatangi undangan atau door-to-door langsung untuk berebut suara.

Ya, weekend menjadi hari padat bagi paslon itu tanpa pertimbang­an. Selain pada akhir pekan tentu banyak orang yang libur, calon yang masih duduk di kursi pemerintah­an juga tidak perlu repot-repot cuti.

Dalam pilbup Sidoarjo ini, ada dua kandidat yang masih duduk di kursi pemerintah­an. Yakni, Saiful Ilah yang saat ini menjabat bupati Sidoarjo dan Hadi Sutjipto yang menempati posisi wakil bupati.

Keduanya memilih ’’ bercerai’’ dengan perahu politik masing-masing. Saiful berangkat dengan Nur Ahmad Syaifuddin melalui PKB, sedangkan Sutjipto bergandeng­an dengan Abdul Kholik yang diusung PDIP, Nasdem, PBB, dan Demokrat.

Berdasar data yang dihimpun Jawa Pos, jadwal kampanye dua pasangan itu pada akhir pekan ini sama-sama padat. Undangan berjibun. Sutjipto misalnya. Puluhan agenda sudah menanti calon nomor urut 1 tersebut. ”Minggu besok kami punya 16 agenda,” akunya.

Mantan kepala Dinas Pendidikan Sidoarjo itu menyebut mayoritas agenda tersebut merupakan permintaan masyarakat. Di antaranya, menghadiri acara jalan sehat di Magersari, Sidoarjo; di Perumahan Bumi Suko, Sidoarjo; atau di Banjar Bendo. ”Kami akan semaksimal mungkin bisa menghadiri undangan tersebut,” katanya.

Agar efektif, Sutjipto tidak akan jalan sendiri. Dia bakal membagi dengan pasanganny­a, Abdul Kholik. ’’Ini seperti Minggu lalu. Ada sembilan agenda yang kami datangi dengan cara pembagian tugas,” terangnya.

Sebagai calon incumbent, jadwal Saiful pun padat. Seabrek agenda telah menantinya pada akhir pekan ini. Di antaranya, jalan sehat dengan masyarakat Tulangan pada pagi ini. Selain itu, Saiful dan Nur Ahmad bakal menghadiri pengajian di beberapa tempat. ”Akhir pekan ini agenda saya memang cukup padat. Tidak jadi masalah. Sebab, saya ingin terus menyapa masyarakat,” ujarnya.

Yang juga membuat Saiful semakin bergairah, dirinya tidak perlu direpotkan oleh masalah cuti. Sebab, akhir pekan merupakan hari libur. ” Yang penting, tugas-tugas pemerintah­an tetap jalan. Agenda dengan masyarakat juga jalan lancar,” jelasnya.

Calon lain pun demikian. Pasangan Utsman-Ida Astuti malam ini dijadwalka­n bertatap muka dengan masyarakat di Tarik. Besok pagi Utsman mengikuti dua agenda di kawasan Waru. Satu acara berlangsun­g di daerah Tambak Sawah dan satu lagi di Tropodo. Acaranya pun jalan sehat.

”Kami harus menghormat­i yang mengundang. Toh, ini juga baik untuk kami mendekati mereka,” sebut Utsman.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Sidoarjo Kompol Edi Santoso menegaskan bahwa petugas terus bersiaga menjaga keamanan Kota Delta. Polisi menerjunka­n 200 personel setiap hari. Mereka ditempatka­n di seluruh penjuru dan berfokus meredam sumber kericuhan. ’’Meski saat ini belum mendapat jadwal kampanye, kami siaga penuh,’’ katanya.

Saat ini, lanjut dia, pihaknya berupaya menjaga para paslon. Ada 12 personel yang dipilih untuk menjadi walpri (pengawal pribadi) empat paslon. Mereka akan bertugas selama masa pilkada. (fim/hen/c6/hud)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia