Jawa Pos

Belum Punya Kursi

-

GRESIK – Megaproyek Stadion Joko Samudro terus dikebut untuk persiapan soft opening pada 9 September nanti. Tribun barat, tribun terbuka, dan lapangan utama hampir rampung. Saat ini pekerja terus menyempurn­akan pekerjaan. Termasuk melakukan pemerataan di pinggir lapangan.

Ketika proyek hampir rampung, dinas pekerjaan umum (PU) perlu segera memikirkan fasilitas stadion. Salah satu yang krusial adalah deretan kursi penonton di tribun. ’’Kami tidak punya anggaran untuk pengadaan kursi,’’ ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bambang Isdianto kemarin (28/8).

Menurut Bambang, pengadaan ribuan kursi membutuhka­n anggaran yang tidak sedikit. Pihaknya pun akan meminta bantuan ke Kementeria­n Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Bambang menyampaik­an, proposal pengajuan bantuan sudah dikirim ke Kemenpora. ’’Mudahmudah­an ada respons positif. Sebab, kursi stadion sangat dibutuhkan,’’ jelas Bambang.

Apa tidak ada anggaran APBD? Kabid Anggaran DPPKAD Gresik M. Muchtar menyatakan tidak ada anggaran tambahan untuk stadion. Sebab, dana Rp 270 miliar yang dianggarka­n secara multiyears itu dinilai cukup.

Muchtar menuturkan tidak tahu jika anggaran multiyears tersebut hanya untuk proyek fisik atau termasuk fasilitas lainnya. ’’Kami belum berencana menambahny­a,’’ tegasnya.

Secara terpisah, Team Leader Manajemen Konstruksi (MK) stadion Herry Prabowo memastikan bahwa persiapan soft opening terus digencarka­n. Selain pekerjaan utama, sejumlah pekerjaan eksternal di luar stadion terus dikebut. Mulai akses masuk stadion hingga lapangan parkir. ’’Kami bekerja siang–malam,’’ katanya.

Hery menegaskan, soft opening oleh Bupati Sambari Halim Radianto tidak berarti serah terima pekerjaan. Sebab, beban pekerjaan kontraktor masih banyak. ’’Jadi, pekerjaan akan terus dilanjutka­n hingga tuntas,’’ ungkapnya. (mar/c15/dio)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia