Jawa Pos

Dana Awal Berkah Paling Banyak

-

TIGA pasangan peserta pilbup telah menyetorka­n laporan awal dana kampanye mereka ke KPU Gresik. Untuk sementara, seluruh dana kampanye sejauh ini bersumber dari kantong para kandidat.

Duet Khusnul Huluq-Achmad Rubaie menyetorka­n saldo awal dana untuk keperluan kampanye. Adapun Sambari Halim Radianto-M. Qosim (SQ) serta pasangan Achmad Nurhamim-Junaidi (Arjuna), mereka belum menyiapkan dana kampanye di rekening resminya. Buktinya, saldonya masih minim.

Kemarin data awal seluruh rekening dana kampanye ketiga pasangan resmi dirilis KPU Gresik. Duet Berkah mencatatka­n dana kampanye di rekening mereka Rp 100 juta. Seluruh dana tersebut bersumber dari kantong pribadi. Pemasukan dari sumber lain masih nihil.

Laporan saldo awal dana kampanye di rekening resmi tim duet SQ tercatat baru Rp 2 juta. Dana itu juga berasal dari pasangan calon. Nominal Rp 2 juta juga dicantumka­n duet Arjuna dalam rekening mereka.

Meski rata-rata masih sedikit, KPU menyebut laporan awal rekening dana kampanye itu sudah sesuai dengan mekanisme. ’’Sebab, yang dilaporkan memang rekening awal,’’ ujar Komisioner KPU Gresik M. Makmun.

Dia menjelaska­n, sesuai dengan aturan pendanaan kampanye, seluruh pemasukan maupun pengeluara­n untuk keperluan pemenangan kandidat harus terpusat di rekening khusus. ’’Semua kegiatan harus dicantumka­n di pembukuan resmi mereka,’’ tegasnya. (ris/c5/roz)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia