Jawa Pos

Flat Romokalisa­ri Siap Huni

Kelurahan Mulai Mendata Warga

-

SURABAYA – Ada dua flat di Surabaya yang selesai dibangun. Yakni, Flat Romokalisa­ri dan Sememi. Dua bangunan vertikal tersebut merupakan proyek pemerintah pusat.

Di antara dua flat tersebut, baru Flat Romokalisa­ri yang siap huni. ’’Flat Sememi masih menunggu diserahkan oleh pusat,’’ kata Kepala Dinas Pengolahan Tanah dan Bangunan Maria Theresia Ekawati Rahayu.

Flat Romokalisa­ri terdiri atas lima tower block (TB). Oleh pemerintah pusat, flat tersebut resmi diserahkan kepada Pemkot Surabaya pada akhir 2014. Kini sebagian warga mulai didata untuk dimasukkan dalam daftar antrean calon penghuni flat. ’’Pihak kelurahan dan kecamatan sedang melakukan pendataan,’’ lanjut Ekawati. ’’Ada 96 KK yang akan menempati flat tersebut,’’ imbuhnya.

Setiap hunian dilengkapi satu ruang keluarga, kamar tidur, dapur, kamar mandi dan WC, serta ruang jemur. Setiap hunian vertikal seluas 5.000 meter persegi itu juga dilengkapi satu kamar pengelola dan dua untuk penghuni difabel.

Beberapa kelurahan di Surabaya pun mulai mendata warga yang ingin tinggal di Flat Romokalisa­ri. Warga yang berKTP Surabaya dan tergolong ekonomi lemah langsung didaftarka­n. Misalnya, di kelurahan Romokalisa­ri ada sekitar 40 KK yang mendaftark­an diri.

Di Simomulyo Baru yang mayoritas padat penduduk, ada 48 KK yang mendaftar. ”Tapi, dari jumlah itu, hanya 20 yang diterima. Itu bergantung pada keputusan pemkot,” kata Lurah Simomulyo Baru Rahadian Satya Nanda.

Rahadian menyebutka­n, setiap calon penghuni harus diseleksi. Misalnya, dicek kelengkapa­n identitas diri. ’’Harus penduduk Surabaya,’’ ujarnya.

Selain itu, menurut dia, pemkot memperhitu­ngkan jarak antara tempat tinggal dan lokasi bekerja. Rahadian menyebut jika bekerja di Rungkut, warga sangat mungkin tidak diterima tinggal di Flat Romokalisa­ri. ’’ Ya, pasti kejauhan,” lanjutnya. (bir/c6/ai)

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ??
DITE SURENDRA/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia