Jawa Pos

Sekolah Mulai Persiapan Unas

Adakan Tryout, Mengajar dengan Buku K-06

-

SURABAYA – Pelaksanaa­n ujian nasional (unas) masih tahun depan. Namun, beberapa sekolah telah mempersiap­kan para siswa kelas IX untuk menghadapi­nya. Salah satunya SMPN 12 Surabaya.

Institusi tersebut mengadakan kemarin (28/8). ’’Hasil tryout itu untuk pemetaan siswa,’’ kata Libiah Mufidha, kepala SMPN 12 Surabaya. Rencananya, berlangsun­g sebulan sekali.

Libiah menuturkan, siswa akan dibagi ke dalam kelas sesuai dengan hasil Dalam satu kelas, terdapat siswa dengan peringkat tinggi dan rendah. ’’Jadi, siswa yang ranking- nya rendah bisa termotivas­i untuk memperbaik­i nilai,’’ katanya.

Selain tryout, siswa dilatih melalui pengayaan. Yakni, ditambah mengerjaka­n soal-soal unas. ’’Dilakukan setiap Jumat,’’ kata Libiah yang juga guru IPS tersebut.

Libiah menjelaska­n, para siswa belum mendapatka­n buku K-13. Sebab, sekolahnya merupakan sekolah non sasaran K-13. Kini mereka menggunaka­n buku lama dengan Kurikulum 2006 (K-06). ’’Konten sama kok,’’ katanya. Di sini guru dituntut piawai mengajar. Dengan begitu, siswa tetap memahami materi yang diberikan.

Waka Kurikulum SMPN 12 Surabaya Warno menjelaska­n, para guru harus siap menghadapi kegiatan belajar mengajar, meski tidak mendapat bantuan buku. ’’Manfaatkan yang ada,’’ katanya. Meski masih menggunaka­n buku lama, guru telah diberi silabus penyampaia­n materi. ’’Sudah dapat CD juga. Jadi, bisa belajar dari sana,’’ ungkap guru yang juga mengajar matematika tersebut.

Warno menuturkan ada beberapa siswa yang sudah membeli buku K-13 di luar sekolah. Namun, pihaknya menyatakan tidak memaksa siswa untuk membeli buku di luar. ’’Murni inisiatif mereka sendiri. Kami tidak memaksa mau beli di luar atau tidak,’’ ucapnya.

Sementara itu, Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya tidak melarang siswa yang berinisiti­f membeli buku K-13 di toko buku. ’’Harus inisiatif wali murid, tidak disuruh sekolah,’’ tegas Kepala Dispendik Surabaya Ikhsan.

Sambil menunggu kedatangan buku K-13 dari Kementeria­n Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbu­d), sekolah bisa menggunaka­n CD yang berisi materi buku yang sudah dibagikan atau mengunduh file dari website. Saat ini dispendik menggodok pengadaan buku K-13 untuk sekolah mandiri K-13 yang non sasaran melalui perubahan anggaran keungan (PAK).

’’Sudah mengajukan. Secepatnya diusahakan,’’ tutur Ikhsan. Dengan begitu, seluruh siswa nantinya mendapat buku K-13, mulai jenjang SD sampai SMA/SMK. (ara/bri/c15/ai)

 ?? ZAHRA/JAWA POS ?? tryout
tryout
tryout.
UNTUK PEMETAAN: Siswa kelas IX SMPN 12 mengerjaka­n soal tryout.
ZAHRA/JAWA POS tryout tryout tryout. UNTUK PEMETAAN: Siswa kelas IX SMPN 12 mengerjaka­n soal tryout.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia