Jawa Pos

Buruh Tani Dihabisi karena Selingkuhi Istri

Kasus Pembunuhan Kali Pekalen Terungkap, Dua Pelaku Ditangkap

-

PROBOLINGG­O – Kasus mayat korban pembunuhan yang ditemukan di lokasi wisata arung jeram Kali Pekalen akhirnya terungkap. Tidak sampai 24 jam setelah identitas korban diketahui, petugas Satreskrim Polres Probolingg­o berhasil membekuk tersangka pembunuh Hadi Solihin, 50. Pria asal Desa Pohsangit Tengah, Kecamatan Wonomerto, itu dihabisi empat orang. Kemudian, mayatnya dibuang di Kali Pekalen, perbatasan Desa Racek, Kecamatan Tiris, dan Desa Brabe, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolingg­o.

Polisi menangkap dua di antara empat pelaku pada Jumat malam lalu (28/8). Dua pelaku lain yang identitasn­ya sudah diketahui hingga tadi malam masih diburu polisi.

Dua tersangka yang dibekuk polisi berinisial AK, 40, dan SL, 45. Keduanya warga Desa Racek, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolingg­o.

AK menjadi otak dan eksekutor pembunuhan. Sementara itu, SL merupakan teman AK yang juga berperan sebagai eksekutor. Keduanya ditangkap di tempat terpisah. Tetapi, polisi membekuk mereka saat samasama berada di tengah jalan. Keduanya diduga berusaha melarikan diri.

Kasatreskr­im Polres Probolingg­o AKP Roy A. Prawirosas­tro membenarka­n soal penangkapa­n dua pelaku tersebut. Dia menyatakan, upaya perburuan oleh tim buru sergap (buser) dan reserse kriminal yang diterjunka­n di lapangan akhirnya membuahkan hasil.

’’Alhamdulil­lah, belum sampai 24 jam (setelah identitas korban terungkap) kami mengantong­i identitas para pelaku dan berhasil melakukan penangkapa­n. Dua tersangka sudah diamankan. Dua tersangka lainnya masih buron,’’ ungkap Roy kemarin (29/8).

Berdasar hasil pemeriksaa­n sementara yang dilakukan penyidik, kata Roy, korban dibantai oleh empat pelaku di tepi jalan dekat rumah tersangka AK di Desa Racek. Hasil penyidikan sementara itu juga sesuai dengan keterangan keluarga korban. Sebelumnya, keluarga korban menyebut Hadi Solihin keluar rumah pada Minggu sore (23/8).

Nah, aksi pembunuhan tersebut diperkirak­an dilakukan pada Minggu malam sekitar pukul 22.00. Saat itu lokasi pembunuhan yang tidak jauh dari rumah AK sepi dan gelap. Alhasil, aksi pembunuhan itu tidak sampai diketahui warga. ’’Setelah mengeroyok dan membunuh korban, para tersangka membuang mayat korbang ke Kali Pekalen,’’ terang Roy.

Korban dihabisi secara tragis. Terdapat 18 luka bacokan di sekujur tubuhnya. Sebelum mayat dibuang, korban diikat dan dimasukkan karung yang diberi pemberat. Korban lantas dibuang ke sungai dari tebing. Motor korban juga dibuang di sungai.

Mayat korban ditemukan pada Senin siang (24/8) oleh team guide salah satu operator rafting di Kali Pekalen. Saat mayat ditemukan sekitar pukul 11.00, tidak ada identitas pada diri korban. Meski ditemukan motor Honda Megapro yang diduga milik korban di lokasi, polisi tetap kesulitan melacak. Sebab, nomor polisi (nopol) motor tersebut diduga palsu.

Identitas korban baru diketahui Kamis lalu (27/8) ketika keluarga korban mendatangi RSUD Waluyo Jati Kraksaan. Keluarga Hadi curiga karena korban tidak kunjung pulang sejak Minggu lalu (23/8). Apalagi, sebelumnya, keluarga korban sempat membaca berita penemuan sesosok mayat di Kali Pekalen. Ciri-ciri mayat tersebut sama dengan korban yang sehari-hari bekerja sebagai buruh tani itu.

Setelah identitas korban terkuak, polisi lantas mengembang penyelidik­an. Akhirnya, polisi mengetahui latar belakang korban dan mengantong­i sejumlah nama yang dicurigai sebagai pelaku pembunuhan.

Sayangnya, Roy enggan membeberka­n secara detail soal pembunuhan tersebut. Namun, berdasar hasil penyelidik­an sementara, pembunuhan itu diduga berlatar belakang dendam dan masalah asmara.

AK merasa sakit hati karena selama ini korban diduga kuat menjalin hubungan terlarang dan berselingk­uh dengan AS, istri AK. Perselingk­uhan itu sudah berlangsun­g sekitar setahun dan diketahui tersangka AK.

Namun, tersangka AK awalnya tidak berani berbuat apa-apa. Sebab, korban Hadi kerap bersikap keras dan memukul tersangka maupun istrinya.

Nah, saat malam kejadian, korban kembali menghubung­i istri AK. Dia meminta bertemu di dekat rumah tersangka. Mengetahui kabar itu, emosi AK langsung memuncak. Dia pun meminta istrinya tidak pergi menemui korban. AK lantas berinisiat­if untuk menemui Hadi dengan mengajak tiga temannya.

Ketika mereka bertemu itulah, AK dan tiga temannya langsung menghabisi korban. ’’Tersangka AK sakit hati karena korban diduga mengganggu istrinya. Sebelumnya, AK tidak berani melawan karena korban sering mengancam membunuh tersangka AK. Sampai kejadian, tersangka AK akhirnya menghabisi korban,’’ terang Roy.

Saat ini, jelas Roy, pihaknya terus mengembang­kan penyelidik­an kasus tersebut. Polisi juga tengah memburu dua pelaku yang lain. (mas/mie/c4/dwi)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia