Jawa Pos

Atur Spending lewat Samruk-Kazyna

-

ASTANA Presidenti­al Sports Club bisa menjadi contoh yang sangat bagus buat negara-negara yang olahragany­a masih menggantun­gkan diri pada subsidi pemerintah. Model pembiayaan­nya bisa ditiru. Astana tidak didanai APBN. Daripada begitu, pemerintah mengganden­g sebuah BUMN investasi, yakni Samruk-Kazyna sebagai ’’ bank’’.

Samruk-Kazyna adalah hasil merger dua perusahaan investasi, yakni Samruk dan Kazyna. BUMN tersebut bergerak di berbagai sektor usaha sekaligus dengan kepemilika­n saham 51– 100 persen. Dengan total aset USD 78 miliar ( setara dengan Rp 1.100 triliun), tentu tidak sulit bagi perusahaan itu untuk mengeluark­an uang USD 100 juta per tahun guna mendanai Astana.

’’Ini adalah awal mula sebuah proyek global untuk memperbaik­i image negeri kami di level internasio­nal,’’ ungkap chairman Samruk-Kazyna setelah peresmian Astana. Manajemen olahraga nasional itu diharapkan tumbuh menjadi sebuah brand hebat seperti Real Madrid atau Barcelona.

Menurut Shukeyev, tujuan pemerintah mengganden­g pihaknya adalah mengatur spending supaya tidak ngawur atau dikorupsi. ’’Samruk-Kazyna akan terus mendanai proyek besar ini,’’ tegasnya. ’’Saat ini memang baru sedikit klub yang bergabung. Nantinya manajemen ini beranggota sekitar 20 federasi olahraga. Akan makin banyak cabang yang kami undang,’’ lanjutnya.

Menurut dia, bukan hanya olahraga populer yang akan didukung. Tetapi juga cabang- cabang nasional Kazakhstan. Misalnya, beberapa jenis bela diri khas negeri itu. Semua kegiatan Astana didanai Samruk- Kazyna. Meski ada sejumlah pos yang sengaja dibedakan, tidak termasuk dalam USD 100 juta per tahun yang dibe rikan untuk Astana.

’’ Misalnya, persiapan Ilya Ilyin untuk Olimpiade 2016 di Brasil. Itu masuk anggaran khusus. Kami serius sekali mempersiap­kan dia,’’ kata Shukeyev tanpa menyebut angka pasti.

Ide dibentukny­a Astana serta skema pendanaann­ya mendapat pujian dari banyak pihak. Salah satunya datang dari Michael Payne, chairman Payne Sports Media Strategies. ’’ Ini inisiatif yang menarik dari Kazakhstan. Kami membuka diri untuk bekerja sama dengan Astana di masa mendatang,’’ ungkap Payne sebagaiman­a dikutip Tengri News. (c15/na)

TIM MUDA: Para pemain FC Astana

meluapkan kegembiraa­n setelah memastikan diri merebut tiket ke fase grup

Liga Champions Kamis dini hari lalu.

 ?? PETROS KARADJIAS/AP ??
PETROS KARADJIAS/AP

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia