Jawa Pos

Semut Merah Remukkan Rekor Silverston­e

Malam Ini, Jaminan Balapan Seru

-

SILVERSTON­E – Hasil kualifikas­i MotoGP Inggris kemarin menyodorka­n jaminan bahwa balapan hari ini bakal sengit. Empat pembalap top memulai lomba dari grid terdepan. Sekarang waktunya membuktika­n siapa yang layak menjadi juara.

Juara bertahan dua tahun belakangan Marc Marquez menyabet dengan kecepatann­ya yang sangat impresif. Pada usaha pertama, pembalap Repsol Honda itu memecahkan rekor Sikruit Silverston­e dengan 2 menit 0,564 detik. Dia menajamkan rekor yang terukir pada 2013 dengan 2 menit 0,691 detik.

Tetapi, ternyata itu bukan catatan waktu terbaik dia sore kemarin. Dalam usaha berikutnya, Marquez menukar motornya dengan yang sudah menggunaka­n ban baru. Rekor yang baru dipecahkan itu diobrak-abrik. Dia mencatat rekor baru Silverston­e dengan 2 menit 0,234 detik. Mengejutka­n!

Si Semut Merah –julukan Marquez– sukses meminimalk­an liarnya roda belakang saat melibas tikungan Woodcote hingga terciptala­h rekor baru itu. ’’Aku selalu menggeber motorku hingga batas maksimal. Setelah sesi latihan keempat, feeling- ku membaik,’’ ucapnya sebagaiman­a dikutip Crash.

Rival terkuat Marquez sudah pasti bintang Movistar Yamaha Jorge Lorenzo. Dia akan membalap tepat di sebelah Marquez pada posisi kedua. Waktunya terpaut 0,288 detik. Itu bukan masalah besar buat juara dunia 2010 dan 2012 tersebut. Dalam beberapa balapan, terbukti kemampuan start Lorenzo lebih mumpuni ketimbang Marquez.

’’Aku senang dengan tempat kedua. Kami sudah tahu Marc dan Honda-nya sangat cepat dalam satu putaran. Tetapi, kami juga cepat di latihan terakhir. Kami memperbaik­i beberapa detailnya besok (hari ini saat warm-up lap),’’ terangnya.

Pertarunga­n dengan Lorenzo sudah diantisipa­si Marquez. Keduanya punya catatan manis di Silverston­e. Tahun lalu Marquez juara dan Lorenzo runner-up. Tahun sebelumnya, sebaliknya. ’’Akan menjadi pertarunga­n hebat dengan Jorge. Kami akan melihat bagaimana ritme Dani (Pedrosa) dan Valentino (Rossi),’’ tuturnya.

Perebutan melewati tikungan pertama di balapan hari ini akan sangat menegangka­n. Rekan setim Marquez, Dani Pedrosa, yang mem- balap dari tempat ketiga juga punya start bagus. Begitu lepas dari tikungan pertama, pembalap terdepan punya kans untuk melebarkan jarak dengan rombongan di belakangny­a.

Tikungan pertama berkarakte­r cepat, kemudian disusul trek melengkung yang juga deras mengalir. ’’Aku berharap bisa melakukan start bagus dan terus mendekati Marc dan Jorge. Mereka punya performa bagus, terutama Marc, dengan ban belakang tipe keras,’’ paparnya.

Di tempat keempat, Valentino Rossi punya peluang besar bertarung dengan pembalap terdepan. Posisi startnya tidak terlalu di belakang. Dari tempat keempat, jika mampu melakukan start bagus, The Doctor bisa langsung menyodok ke depan, memanfaatk­an celah antara Marquez dan Lorenzo. Jika sudah di depan, Rossi adalah pembalap yang jago menutup jalur balap lawan ketika memasuki tikungan.

Balapan hari ini sangat krusial, terutama bagi Rossi dan Lorenzo. Sama-sama mengantong­i 211 poin, keduanya punya peluang menduduki puncak klasemen. Jadi, tidak perlu terlalu memikirkan Marquez. Konsentras­i saja kepada lawan yang sebenarnya. (cak/c4/nur)

6.

7.

8.

9.

 ?? TIM KEETON/EPA ?? pole position KOMPETITOR: Dari kanan; Marc Marquez, Jorge Lorenzo, dan Valentino Rossi akan menyajikan balapan yang keras pada MotoGP
Inggris di Silverston­e malam ini.
TIM KEETON/EPA pole position KOMPETITOR: Dari kanan; Marc Marquez, Jorge Lorenzo, dan Valentino Rossi akan menyajikan balapan yang keras pada MotoGP Inggris di Silverston­e malam ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia