Jawa Pos

Gudang Senjata Polisi Mirip Konsep Amerika

-

SURABAYA – Sistem pengamanan senjata di Mapolresta­bes Surabaya diperbaiki. Gudang senjata yang sebelumnya berbentuk konvension­al kini dibuat lebih tertutup. Konon, gayanya meniru kantor polisi Amerika Serikat yang membatasi kontak penuh antara penjaga dan polisi yang meminjam senjata.

Gudang senjata itu terletak di gedung utama Mapolresta­bes Surabaya sisi belakang. Bagi masyarakat umum, tidak ada yang mengira bahwa gudang tersebut berada di antara ruangan para pejabat teras Polrestabe­s Surabaya. Tidak ada tanda khusus yang menandai bahwa ruangan tersebut adalah pusat amunisi.

Ketika masuk ke ruangan itu pun, tidak terlihat pajangan senjata. Hanya terlihat lubang berbentuk segi empat berpembata­s tembok dengan tebal 0,5 meter. Hanya dari lubang itulah peminjam dan petugas jaga gudang senjata berhubunga­n.

Kapolresta­bes Surabaya Kombespol Yan Fitri Halimansya­h menyatakan, model gudang senjata itu meniru kantor polisi Amerika Serikat. Polisi yang meminjam senjata hanya menatap wajah petugas penjaga gudang sembari memberikan kartu tanda anggota. ’’Peminjam mengisi buku registrasi peminjaman. Baru bisa bawa senjata,’’ katanya.

Model tersebut ditiru agar lebih aman selama proses peminjaman. Sebab, barang yang dipinjam adalah senjata api. Karena itulah, untuk menghindar­i hal yang tidak diinginkan, interaksi petugas dengan peminjam dibatasi. Komunikasi cukup melewati lubang tembok tersebut. (eko/c17/git)

 ??  ?? MODEL BARU: Kombespol
Yan Fitri Halimansya­h menunjukka­n
sistem peminjaman senjata yang
lebih aman.
MODEL BARU: Kombespol Yan Fitri Halimansya­h menunjukka­n sistem peminjaman senjata yang lebih aman.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia