Jawa Pos

Empat CJH Akhirnya Batal Berangkat

Bupati Lepas Kloter Pertama Hari Ini

-

GRESIK – Kantor Kementeria­n Agama (Kemenag) Gresik telah merampungk­an pendataan jumlah calon jamaah haji (CJH). Total CJH yang melunasi biaya penyelengg­araan ibadah haji (BPIH) mencapai 1.675 orang. Meski begitu, tidak semua jadi berangkat.

Kasi Penyelengg­ara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Gresik Khairuddin Usman menyebutka­n, ada empat CJH yang batal ke Tanah Suci tahun ini. Salah seorang di antaranya berhalanga­n karena sakit. Tiga lainnya menunda keberangka­tan karena alasan keluarga.

’’Tiga jamaah menunda berangkat karena terpisah dengan anggota keluargany­a yang juga daftar tahun ini,” kata Khairuddin kemarin (29/8).

Menurut dia, penundaaan itu dibuktikan dengan permohonan tertulis dari jamaah. Karena sudah melunasi BPIH, keempatnya bakal masuk daftar CJH prioritas tahun depan.

CJH Gresik tahun ini tergabung dalam 3,5 kloter. Satu kloter terdiri atas 445 jamaah. Nah, kloter pertama berangkat hari ini (30/8). Pemberangk­atan akan dilepas Bupati Sambari Halim Radianto pukul 06.00 di halaman Pemkab Gresik. Selanjutny­a, jamaah menempati Asrama Haji Sukolilo, Surabaya. Kemudian, mereka terbang keesokan harinya (31/8).

Bagaimana soal visa? Khairuddin mengatakan belum bisa memastikan kelengkapa­n visa CJH. Menurut dia, kelengkapa­n visa menjadi tanggung jawab masing-masing embarkasi. Nah, lengkap atau tidaknya dokumen jamaah akan diketahui setelah berada di asrama haji. Sebab, petugas embarkasi bakal memeriksa kelengkapa­n visa jamaah.

Jika ada jamaah yang belum memiliki visa, dia berharap mereka tidak khawatir. Sebab, CJH yang bersangkut­an tetap berangkat. ’’Tetap berangkat tahun ini. Hanya jadwalnya yang ditunda,” ujarnya. (mar/c7/roz)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia