Jawa Pos

Lingkungan Bersih Jadi Pembeda

Road Show Wilayah Surabaya Selatan

-

SURABAYA – Kemeriahan wilayah Surabaya Selatan di show Surabaya Emas Green and Clean tidak kalah dengan wilayah lainnya. Ratusan warga dari berbagai kecamatan di wilayah itu kemarin (29/8) memenuhi lapangan futsal Kelurahan Balas Klumprik, Kecamatan Wiyung.

Mereka bukan hanya peserta, tetapi juga suporter dari setiap daerah yang ikut berkompeti­si. Misalnya, di dua wilayah sebelumnya. Ada empat permainan yang diperlomba­kan tim road show. Yakni, yel-yel, orasi tentang kebersihan, cerdas cermat, dan menyusun gelas kemasan di atas tampar.

Event yang diprakarsa­i Pemkot Surabaya, Jawa Pos, Campina, dan didukung MPM Honda itu dimulai pukul 14.00. Hadir di acara tersebut Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i, camat-camat yang masuk wilayah Surabaya Selatan, Kepala dinas kebersihan dan pertamanan (DKP) Chalid Buchari, serta perwakilan dari sponsor.

Risma –panggilan Tri Risma- harini– pada kesempatan tersebut menyampaik­an, Surabaya berbeda dengan kota lainnya. Dalam hal kebersihan dan pengelolaa­n lingkungan, masyarakat Surabaya tidak hanya membangun, tetapi juga merawat. Karakter itu tidak dimiliki daerah lain.

’’Hal ini berangkat dari kesadaran masyarakat. Kami sangat mengapresi­asi warga,’’ katanya.

Pemerintah kota bertanggun­g jawab membangun fasilitas umum di setiap kampung. Fasilitas itu dipelihara secara swadaya oleh masyarakat. Karakter tersebut tidak lepas dari tujuan kegiatan Surabaya Emas Green and Clean.

Risma menilai ada tahap yang melekat pada masyarakat ketika ikut serta di Surabaya Emas Green and Clean. Berawal dari pemula, masyarakat mengenal dan memahami cara mengelola kebersihan. Lalu, berkembang sehingga menyadarka­n masyarakat dalam memanfaatk­an sampah agar lebih berguna.

Tahap itu memberi nilai lebih dibandingk­an kota lain. Surabaya, kata Risma, tidak memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Namun, kebersihan menjadi nilai tawar yang sangat hebat. ’’Itu kebanggaan semua warga,’’ ucapnya.

Dalam kesempatan kemarin, Risma juga menyempatk­an berdialog dengan anak-anak yang ikut menyaksika­n road show tersebut. Dia menasehati bahaya penculikan. Kini sulit membedakan orang baik dan jahat. Karena itu, Risma meminta mereka agar berhati-hati.

Penjelasan Risma menggugah semangat peserta yang bertanding di road show tersebut. Mereka antusias mengikuti setiap sesi lomba. Irama lagu Goyang Dumang yang mengiringi setiap permainan membuat penonton dan suporter berjoget. Tak pelak, Risma pun kerap terpingkal-pingkal melihat aksi warga di area tersebut.

Hari ini road show berlanjut ke Surabaya Utara. Billy Kurniawan, koordinato­r tim road show, mengajak masyarakat setempat untuk beramai-ramai menyaksika­n acara tersebut. ’’Datang dan buktikan Surabaya Utara lebih heboh,’’ katanya. (riq/c15/git)

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? road MASIH BERLANJUT: Wali Kota Tri Rismaharin­i (tengah) berfoto bersama para juara tingkat wilayah Surabaya Emas Green and Clean kemarin. Mereka akan bertarung memperebut­kan yang terbaik.
DITE SURENDRA/JAWA POS road MASIH BERLANJUT: Wali Kota Tri Rismaharin­i (tengah) berfoto bersama para juara tingkat wilayah Surabaya Emas Green and Clean kemarin. Mereka akan bertarung memperebut­kan yang terbaik.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia