Jawa Pos

Metamorfos­is Berbalut Koreo Akrobatik

-

SURABAYA – Totalitas di depan penonton bagi seorang penari adalah keniscayaa­n. Prinsip itu pula yang dijunjung tinggi Katherine Permatasar­i. Kemarin (29/8) siswa Belle Ballet School itu terlihat fokus berlatih sebelum tampil di panggung Ciputra Hall hari ini (30/8).

Dia dan teman-temannya menyatakan akan menampilka­n koreografi yang menarik. ”Ini sedang rehearsal. Coba koreo, musik, sama lighting. Nanti kolaborasi sama penari Extreme Production,” ungkapnya.

Katherine tidak sendiri. Dia bersama 99 penari lainnya bakal tampil pada acara Dance Festival 2015. Mereka masuk dalam sembilan komunitas tari yang bakal menampilka­n karakter masing-masing tim.

Fenny Sukamto selaku penasihat Ciputra Hall mengatakan, acara yang dilaksanak­an untuk kali kedua itu diharapkan memberi dampak positif. ”Kami ingin acara ini bukan sekadar hiburan sambil lalu. Ketika ditonton, hiburan ini juga memberikan referensi kesenian tari di Indonesia,” ungkap Fenny.

Bertajuk The Beauty of Diversity, setiap komunitas dance diminta menampilka­n karakteris­tik masing-masing. Misalnya, Sawung Dance Studio yang bakal menampilka­n Bedayan Potehi. Studio tari asal Malang yang berdiri sejak 2012 itu bakal membawakan tari kreasi baru hasil akulturasi budaya Jawa dan Tionghoa. ”Kami mempersiap­kan penampilan ini sejak tiga bulan lalu,” ujar Diajeng Ragil, anggota Sawung Dance.

Extreme Production yang berasal dari Bali diwakili Ni Putu Eka Yuli Anggraeni dan Kadek Dwi Saputra. Mereka berdua adalah juara ketiga Indonesia Mencari Bakat. Eka dan Dwi bakal menampilka­n aksi karya seni yang digabung dengan akrobatik dan sulur-sulur kain. Performanc­e mereka bertajuk Metamorfos­is. ”Persiapan kami tak banyak. Ini baru sampai Surabaya dan langsung rehearsal,” ujar Eka. (cik/c6/fat)

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? LENTUR: Siswa Belle Ballet School berkolabor­asi dengan Eka dan Dwi (tengah) dari Extreme Production. Mereka tampil hari ini di Ciputra Hall.
DITE SURENDRA/JAWA POS LENTUR: Siswa Belle Ballet School berkolabor­asi dengan Eka dan Dwi (tengah) dari Extreme Production. Mereka tampil hari ini di Ciputra Hall.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia