Jawa Pos

Ubah 12 Pasar Jadi Flat Keluarga Muda

-

JAKPUS – Harga dan ketersedia­an lahan menjadi kendala Pemprov DKI Jakarta untuk menyediaka­n hunian sehat bagi warganya. Untuk menyiasati, pemprov akan mengubah 12 pasar tradisiona­l menjadi pasar modern yang terintegra­si dengan flat. Sebagian di antaranya disediakan khusus untuk keluarga muda.

Ke-12 pasar yang akan diubah menjadi hunian terintegra­si pasar tersebut berada di pusat kota. Tujuannya, keluarga muda yang berpenghas­ilan menengah ke bawah dapat memangkas biaya transporta­si. Dengan demikian, para keluarga muda itu diharapkan dapat menabung karena tarif transporta­si umum lebih murah daripada bahan bakar sepeda motor atau mobil pribadi.

Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Pemprov DKI Jakarta Ika Lestari Adji menjelaska­n, ke-12 hunian terintegra­si pasar itu akan dibangun perusahaan pelat merah PT Jakarta Propertind­o ( Jakpro). ”Saya sudah ketemu Jakpro untuk menajamkan konsep (hunian terintegra­si pasar) ini,” katanya.

Pasar yang dibidik untuk diubah menjadi hunian terintegra­si adalah Pasar Rumput di Manggarai, Pasar Manggarai, Pasar Pramuka di Jalan Pramuka, Pasar Serdang di Kemayoran, Pasar Grogol di Grogol Petamburan, Pasar Tanah Abang, dan Pasar Jelambar di Grogol Petamburan. Selain itu, Pasar Sukapura di Cakung, Pasar Sunter Podomoro di Sunter Agung, Pasar Jembatan Besi, Pasar Sindang di Koja Selatan, dan Pasar Senen.

Dari ke-12 pasar, Pasar Senen, Pasar Rumput, dan Pasar Tanah Abang paling berpotensi untuk diubah menjadi hunian terintegra­si bagi keluarga muda. Sementara itu, sembilan pasar lainnya akan diubah menjadi flat kompensasi bagi warga yang direlokasi pemerintah. ”Keluarga muda yang ingin memiliki flat harus memiliki KTP DKI dan berpenghas­ilan rendah karena sistemnya sewa,” terang Ika.

Dia belum bisa menjelaska­n harga sewa untuk flat khusus bagi keluarga muda. Penyebabny­a, Dinas Perumahan dan Gedung DKI masih membahas sejumlah aturan terkait dengan konsep hunian terintegra­si pasar. Misalnya, harga sewa, pengelola flat, hingga aturan warga yang ingin menyewa.

Seluruh pasar direncanak­an memiliki tinggi minimal 16 lantai. Lantai 1 dan 2 akan digunakan untuk pasar bersih. Sisanya digunakan untuk hunian dengan sistem sewa bulanan. Ika menargetka­n groundbrea­king proyek dapat dimulai akhir tahun. ”Mereka (Jakpro) janji Desember sudah mulai. Sambil menunggu, kami persiapkan aturan pengelolaa­nnya,” terangnya. (fai/noe/c23/ano)

 ?? RAF/JAWA POS ?? TIDAK ADA KORBAN: Karena hilang kendali, truk menabrak pohon di Tanah Abang kemarin.
RAF/JAWA POS TIDAK ADA KORBAN: Karena hilang kendali, truk menabrak pohon di Tanah Abang kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia