Jawa Pos

Mimpi Mendatang Urusan Branding

-

Material boks adalah

partikel lapis vinil putih. Karakterny­a

ringan, namun kukuh. Relatif tahan terhadap rayap. Jarak antarkayu pengaman dibuat seragam dan tidak

pernah diubah. Sebab, jika jaraknya

terlalu longgar, badan bayi bisa leluasa keluar. Jika

jaraknya terlalu sempit, tangan atau kaki bayi dapat

terjepit. Menggunaka­n tambahan aksesori

yang mudah dibongkar pasang dan tidak dipungut

biaya Boks dibuat setelah

pesanan masuk. Biasanya pesanan

masuk dua bulan menjelang lahiran. ’’Ada yang bilang

pesan barangbara­ng bayi sebelum tujuh bulan

ungkap Fang Ling.

BABY Lux dikenalkan kali pertama lewat iklan cetak. Fang Ling menjelaska­n, iklan dalam dua bentuk tersebut dipilih karena tidak makan banyak biaya. Pemasangan iklan diperhatik­an dengan cermat oleh Fang Ling.

Dia memasang iklan baris di beberapa koran yang laris. Sementara itu, banner dipasang di tempat yang ramai dikunjungi pasangan orang tua muda. Misalnya, rumah sakit bersalin serta playgroup atau TK.

Keduanya tidak menitipkan barang di baby shop atau pusat perbelanja­an. ’’Kami nggak sebatas jual barang. Lagi pula, furnitur baru digarap saat ada pesanan,’’ ungkap Jimmy. Karena itu, mereka yang berminat membeli bisa langsung menghubung­i kontak Baby Lux.

Strategi tersebut juga membawa manfaat lain. Yakni, harga barang lebih terjangkau.

Furnitur bayi mereka memiliki harga lebih miring, selisih 20–50 persen dari produk serupa dari merek lain. Hasilnya, mereka kerap mendapat order dari luar Surabaya maupun Pulau Jawa. ’’Setelah brand sudah jalan bagus, kami buat Instagram. Baru jalan tiga bulan ini,’’ lanjutnya.

Di akun Instagram, keduanya memajang beragam model basic boks bayi hingga baby tafel. Instagram dipilih karena tengah menjadi tren. Selain itu, media sosial tersebut memiliki tampilan visual yang accessible bila dibandingk­an dengan Facebook atau Twitter.

Branding dengan pasang iklan media cetak dan banner di tempat yang menjadi sasaran pembeli itu mengadapta­si usaha air kemasan siap minum milik keluarga Jimmy. Saking terkenalny­a brand tersebut, tiap menyebut air minum, yang terlintas di kepala adalah merek itu. ’’ Kami ingin branding kami mencapai level itu. Butuh waktu, tapi citranya amat kuat buat konsumen,’’ kata Jimmy. ( fam/ c23/ ayi)

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? GERAK LELUASA: Thomas, putra Fang Ling yang kini berusia tiga tahun, masih bisa menggunaka­n boks bayinya dulu sebagai tempat tidur.
ANGGER BONDAN/JAWA POS GERAK LELUASA: Thomas, putra Fang Ling yang kini berusia tiga tahun, masih bisa menggunaka­n boks bayinya dulu sebagai tempat tidur.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia