Jawa Pos

Lewati Tujuh Tahap, Mulai 5 Tahun

Tak ada patokan persis usia ideal untuk mulai belajar bermain golf. Bila ditilik melalui anatomi tubuh dan kemampuan berkonsent­rasi, baru bisa direka usia mumpuni untuk memulainya. Memulai Bermain dan Berlatih Golf pada Usia Dini

-

’’ SETIAP orang bisa belajar golf pada usia berapa pun,’’ ujar pegolf profesiona­l Golf Graha Famili Surabaya Pamuji. Yang terpenting, menurut dia, harus mampu menguasai tiga tahap untuk bisa memahami golf. Hal itu diung kap kan Pamuji sebelum turnamen akademi Golf Graha Famili Su ra baya kemarin ( 30/ 8).

Yang pertama adalah perkenalan anak dengan golf. Pada tahap itu, Muji menjelaska­n, ketika dikenalkan dengan stik golf, si anak bebas memukul bola sesukanya ke berbagai arah.

’’ Tentu saja tahap ini diperlukan untuk melihat seberapa jauh si anak itu bisa menyukai olahraga ini,’’ ucapnya. Jika ’’rasa cinta’’ tersebut mulai tumbuh, Muji menjelaska­n bahwa tahap selanjutny­a adalah mulai memperbaik­i dan mengatur pukulannya dengan cara menghafal.

Dalam kondisi itu, seorang pelatih akan memberikan contoh gerakan yang benar. Si anak harus mengikutin­ya secara kontinu. Teknik itu meliputi fase takeaway hingga tahap finis. Muji menyatakan, seberapa jauh bakat si anak dapat terendus dari durasi yang diperlukan dalam mengikuti kelas.

Menurut dia, anak yang sejak awal berbakat cukup membutuhka­n empat kali berlatih hingga tubuhnya bisa menerima dan hafal dengan gerakan tersebut. Sebab, hal itu membutuhka­n keseimbang­an. ’’Satu saja fase salah, pukulan yang dihasilkan bisa jelek,’’ paparnya.

Hal itu juga dibenarkan oleh salah seorang golfer junior, Darren Reynald. Menurut pegolf 15 tahun itu, sinergi di antara teknik tersebut berperan krusial dalam menentukan kualitas dan hasil pukulan. ’’Saya masih terkendala di bahu kiri yang berpengaru­h di ungkapnya.

Darren menambahka­n, dibutuhkan waktu sebulan lagi untuk bisa balik ke yang diperlukan. Jadi, tujuh teknik dasar tersebut memang penting dan saling menguatkan satu sama lain. Jika mampu beradaptas­i dengan contoh pukulan itu, mereka bisa melanjutka­n ke fase terpenting dari perkenalan akan golf. Yakni, tahap penguasaan teknik.

Berapa total waktu yang dibutuhkan untuk bisa menguasai tiga fase tersebut? Muji menjawab tiga tahun. ’’Itu dengan keyakinan bahwa golfer tersebut bisa melakukan analisis terhadap swing golfer lain,’’ urainya. Sebab, ada ber macam pukulan yang harus dikuasai golfer jika ingin berkompete­n keti ka turun di berbagai turnamen. Mu lai hingga spin swing. ’’ Lapangan golf itu kan tantangann­ya banyak, mulai pohon sampai bungker,’’ ujarnya.

Muji pun menyatakan bahwa usia ideal seorang anak untuk belajar adalah lima tahun. Menurut dia, lima tahun dianggap sebagai usia ideal. Sebab, pada masa itulah konsentras­i seorang anak bisa dibentuk. Selain itu, secara anatomi tubuh, mereka masih lentur sehingga gampang diarahkan. (apu/io/c19/ady)

 ?? M. APRIDIO/JAWA POS ?? KELOMPOK JUNIOR: Peserta turnamen internal akademi Golf Graha Famili Surabaya kemarin.
base swing,’’
shape
slice swing
M. APRIDIO/JAWA POS KELOMPOK JUNIOR: Peserta turnamen internal akademi Golf Graha Famili Surabaya kemarin. base swing,’’ shape slice swing

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia