Jawa Pos

Besaran Dana Pemprov Sama dengan Bopda

-

KEPALA SMA dan SMK se-Surabaya telah mengetahui kebijakan terkait dengan UU No 23/2014. Meski begitu, sekolah belum melakukan persiapan. Kepala SMAN 14 Muntiani menyatakan, pihaknya hanya menyosiali­sasikan kebijakan tersebut ke wali murid. ’’Sekadar pemberitah­uan saja,’’ katanya.

Meski Dikbud Jatim berjanji mengucurka­n dana pendidikan, Muntiani berharap Surabaya tetap memberi bantuan. Dia lantas memisalkan dana bantuan operasiona­l daerah (bopda). Rata-rata sekolah sudah memiliki rancangan penggunaan dana bopda. Jika dana yang diberikan pemprov tidak sebanyak bopda saat ini, pihak sekolah tentu harus pintar mengolah keuangan agar cukup untuk biaya operasiona­l.

Tindakan serupa dilakukan Tatik Kustini, kepala SMKN 5. Dia sudah melakukan sosialisas­i ke wali murid mengenai implementa­si UU No 23/2014. Termasuk ke wali murid kelas X. ’’Pada 2017, mereka nanti duduk di kelas XII,’’ tuturnya. ’’Dengan begitu, mereka tidak kaget saat realisasi,’’ tambahnya.

Saat sosialisas­i berlangsun­g, kata Tatik, banyak wali murid yang bertanya soal bopda. Apakah dana bopda tetap ada? Jika tidak ada, apakah wali murid akan membayar uang SPP yang selama ini gratis. ’’Saya tidak bisa menjawab saat itu. Sebab, belum ada kepastian hingga kini,’’ paparnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 2 Kasnoko berharap jumlah dana dari pemprov nanti minimal sama dengan bopda saat ini. Sebab, sekolah membutuhka­n dana tersebut untuk biaya operasiona­l sekolah yang juga terus bertambah setiap tahun. ’’Itu sih harapan saya,’’ paparnya. ’’Syukur bila bisa terkabul,’’ lanjutnya.

Kini Kasnoko memilih fokus meningkatk­an kualitas sekolah. Termasuk guru dan siswa. Langkah tersebut dirasa lebih konkret ketimbang memikirkan pelaksanaa­n UU No 23/2014. ’’Diatur sama siapa saja ya sama. Dulu sebelum diatur pemkot kan pihak pemprov juga,’’ ungkapnya.

Mengenai regulasi baru tersebut, Kasnoko mengatakan belum melakukan persiapan yang berarti. Dia menuturkan, persiapan akan dilakukan hingga semua poin-poin dalam UU tersebut jelas. (ara/dha/c15/ai)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia