Jawa Pos

Pemberangk­atan CJH Tuntas

-

SIDOARJO – Seluruh calon jamaah haji (CJH) asal Sidoarjo akhirnya sudah berangkat ke Tanah Suci. Kloter 20 yang merupakan satu di antara empat kloter dari Kota Delta terbang ke Makkah tadi malam (30/8).

Pemberangk­atan CJH kloter 20 menuju Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, sempat terlambat. Seharusnya CJH sudah tiba di asrama haji pukul 07.00. Namun, rombongan baru diberangka­tkan dari Pendapa Delta Wibawa oleh Bupati Sidoarjo Saiful Ilah pukul 07.45.

Kepala Kementeria­n Agama (Kemenag) Sidoarjo Achmad Rafi’i menerangka­n, pihaknya sudah memprediks­i keterlamba­tan jadwal tiba di asrama haji. Alasannya, tidak mudah mengumpulk­an 320 CJH dari berbagai wilayah. Apalagi, Sidoarjo mendapat jadwal paling awal, yakni pukul 07.00.

”Kalau saya minta seluruh calon jamaah haji kumpul di pendapa pukul 05.00, kasihan yang rumahnya jauh-jauh karena mepet dengan subuh,” katanya. ” Jadi, saya agendakan kumpul pukul 06.00,” imbuhnya.

Meski begitu, CJH tetap terlambat ke Sukolilo karena baru berangkat dari pendapa pukul 07.45. Namun, menurut Achmad, dua hari sebelum jadwal kloter 20 masuk asrama haji, pihaknya sudah meminta izin bakal terlambat. ”Sudah tidak ada masalah. Sudah kami mintakan izin,” ujarnya.

Akibat keterlamba­tan itu, CJH dari Surabaya yang lebih dulu tiba langsung melakukan proses masuk asrama. Dilanjutka­n rombongan CJH dari Gresik. ”Kloter 20 ada gabungan dari Surabaya 125 jamaah. Mereka datang tepat waktu dan langsung diproses. Jadi, setelah datang, baru jamaah Sidoarjo,” terangnya.

Achmad menjelaska­n, meski CJH terlambat masuk asrama, jadwal terbang mereka ke Tanah Suci tidak terpengaru­h. Seluruh CJH kloter 20 diberangka­tkan dari asrama haji ke Bandara Juanda pukul 19.00. ”Kurang lebih lima jam setelah pukul 19.00, mereka sudah berangkat ke Tanah Suci,” katanya.

CJH Sidoarjo tahun ini berjumlah 1.655 orang. Namun, dua di antaranya meninggal dunia sebelum berangkat haji. Seluruh CJH tersebut terbagi atas empat kloter, yakni kloter 17, 18, 19, dan 20. Tiga kloter pertama sudah masuk asrama haji Jumat (28/8).

Berdasar laporan pendamping jamaah haji kloter 17, saat ini 445 jamaah sudah tiba di Madinah. Mereka menginap di Hotel Dyar Al Huda, Madinah. Jarak penginapan dengan Masjid Nabawi hanya sekitar 200 meter. ”Tadi (kemarin, Red) saya menerima laporan bahwa jamaah haji kloter 17 tiba dengan selamat,” katanya. ”Empat kloter sudah tuntas diberangka­tkan. Tinggal menunggu proses ibadah haji saja,” sambungnya. (ayu/c9/fal)

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? KAPAN BEROPERASI?: Halte Bus Trans Sidoarjo di kawasan Sun City terlihat mangkrak dan penuh dengan coretan.
BOY SLAMET/JAWA POS KAPAN BEROPERASI?: Halte Bus Trans Sidoarjo di kawasan Sun City terlihat mangkrak dan penuh dengan coretan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia