Jawa Pos

Semalam, Lima Motor di Satu Kos Raib

Laporan Belum Masuk ke Polres

-

SIDOARJO – Ini peringatan bagi penghuni kos-kosan yang memiliki sepeda motor agar lebih waspada. Terlebih yang kondisinya masih kinclong. Dalam dua minggu terakhir, dua tempat kos menjadi sasaran pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor). Bahkan, lima motor dicuri dalam waktu semalam!

Menariknya, dua lokasi kos yang kebobolan tersebut sama-sama berada di wilayah hukum Polsek Kota (Sidoarjo). Kasus curanmor yang menarik perhatian terjadi di kos Jalan Gajah, Magersari, Sabtu dini hari (29/8). Di tempat itu lima motor yang terparkir di halaman kos raib dalam semalam.

Salah seorang penghuni kos membenarka­n adanya kejadian tersebut. Dia mengatakan, salah seorang korban adalah adik kandungnya. Mereka memang bertetangg­a satu kos. ”Kami memilih satu kos-kosan karena pekerjaann­ya sama. Namun, dia tinggal bersama suaminya,” kata perempuan yang tidak mau disebutkan namanya itu.

Dia ikut prihatin atas musibah yang dialami adiknya. Apalagi, motor tersebut diketahui baru sebulan dibeli.

Perempuan tiga anak itu mengaku tidak tahu persis kronologi hilangnya motor di kosnya. Dia baru tahu sekitar pukul 07.00. Saat itu dia mendengar suara orang ribut-ribut soal motor hilang. ”Saya langsung bangun dan mengecek motor saya,” ujarnya.

Sesaat kemudian, perempuan asal Gresik tersebut merasa plong. Sebab, motornya tidak ikut hilang. Namun, mendadak dia merasa shock saat tahu motor adiknya sudah tidak terparkir di dekat motornya. Yang mengagetka­n lagi, setelah bertanya ke penghuni lain, diketahui lima motor telah hilang. Korban lantas segera Area : Sidoarjo Kota Waktu : Dua pekan terakhir Kamis (20/8) Di kos-kosan RT 5, RW 2, Lemahputro, tiga motor hilang dalam sehari. Sabtu (29/8) Di kos-kosan Jalan Gajah Magersari, dalam sehari, lima motor raib. melapor ke Polsek Sidoarjo.

Sebelumnya kasus curanmor yang menyasar kos-kosan juga terjadi di Kecamatan Kota (Sidoarjo) Kamis lalu (20/8). Tiga motor raib dalam sehari di kos-kosan RT 5 RW 2 Kelurahan Lemahputro. Ketiga motor diparkir di lorong pintu masuk kos.

Rika Wahyuning, salah seorang korban, menyatakan bahwa peristiwa itu diketahui sekitar pukul 06.00. Dia kaget setelah mendengar teriakan seorang penghuni kos yang panik karena motornya hilang. Rika lantas bangun dari tempat tidurnya. ”Saya langsung cek motor saya,” ujar dia.

Rika ikut panik setelah mendapati motornya, Yamaha Vixion N 2712 IS, sudah tak ada. Padahal, baru tiga bulan dia membelinya. Belakangan diketahui, korban pencurian motor bertambah menjadi tiga orang. Mereka lalu bersama-sama mendatangi Polsek Sidoarjo.

Curanmor di kos-kosan saat ini menjadi perhatian serius kepolisian. Sumber Jawa Pos di kepolisian menduga si pelaku pernah bersinggun­gan dengan tempat kos tersebut. Itu terlihat dari sebagian besar kendaraan yang dicuri merupakan kendaraan baru. ”Memang kasusnya cukup aneh. Saya menduga mereka juga sudah membuntuti korban,” ujarnya.

Secara terpisah, Kasatreskr­im Polres Sidoarjo AKP Ayub Diponegoro Azhar mengaku kaget dengan dua curanmor tersebut. ”Segera kami cek. Untuk sementara, belum ada laporan masuk,” ujar mantan Kasatreskr­im Polres Gresik itu.

Ayub berjanji segera membongkar kasus tersebut. Polisi akan mengerahka­n kemampuan terbaik untuk menangkap pelaku yang telah meresahkan itu.

Menurut Ayub, kasus curanmor menjadi salah satu perhatian Polres Sidoarjo. (hen/c9/fal)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia