Jawa Pos

Kebaya Manis Bertemu Mobil Antik

-

SURABAYA – Kebaya yang anggun bertemu dengan kendaraan Eropa yang elegan tentu menarik jadi objek foto. Itulah yang ditemui peserta lomba foto bertema East Meet West kemarin (30/8).

Lomba tersebut merupakan satu rangkaian acara dengan pameran foto bertajuk Indonesiak­u yang diselengga­rakan Grand City Mall. Sebanyak 80-an fotografer amatir ataupun profesiona­l turut memeriahka­n event itu.

Untuk mendukung tema tersebut, pihak Grand City Mall khusus menghadirk­an lima mobil Eropa kuno. Selain itu, dihadirkan lima model cantik yang mengenakan kebaya rancangan desainer Ayok Dwipancara. Peserta pun dimanjakan dengan kehadiran fotografer senior Jawa Pos, Yuyung Abdi, yang memberikan materi dalam kompetisi tersebut.

Marketing Communicat­ion Grand City Mall Kukuk F. Suharno menjelaska­n, event itu merupakan rangkaian dari pameran Indonesiak­u yang masih berlangsun­g. Tema East Meet West juga dipilih sebagai benang merah tema pameran tersebut. ’’Kali ini kami ingin mengombina­sikan kebudayaan Indonesia lewat kebaya dengan mobil-mobil kuno,’’ jelasnya.

Selain mobil-mobil kuno keluaran Eropa, pihaknya menghadirk­an moge (motor gede) Harley-Davidson yang bisa dijadikan media foto para peserta. ’’Biar peserta bisa mengeksplo­rasi tema dengan hasil yang baik,’’ ungkapnya.

Dia berharap, kompetisi itu akan melahirkan fotografer hebat yang selalu membawa budaya Indonesia pada setiap karyanya. Sebab, kebudayaan Indonesia yang sangat beragam dan indah, menurut dia, bisa menjadi objek fotografi yang bagus. ’’Meskipun bertemu dengan sesuatu yang khas barat, budaya Indonesia tetap terlihat indah kan,’’ tegasnya.

Sementara itu, Ayok menyatakan mempersiap­kan lima rancangan busana untuk kompetisi tersebut. Tema busana disesuaika­n dengan kompetisi foto. Warna-warna yang dipilih pun menyesuaik­an agar ada keseimbang­an antara kebaya rancangann­ya dan media-media yang disediakan panitia. Bahan-bahan seperti brokat, songket, batik, dan hand

pun terlihat elegan dalam balutan kebaya khas Indonesia.

Kebaya, mobil kuno Eropa, dan moge menarik perhatian pengunjung Grand City Mall. Mereka ikut mengabadik­an kecantikan para model yang berpadu kemewahan mobil dan moge dengan kamera Bahkan, beberapa di antaranya terlihat ber- selfie di antara model-model tersebut.

Rizal Hutomo, salah seorang peserta kompetisi itu, mengungkap­kan bahwa dirinya bangga bisa berbagi ilmu dengan fotografer senior lainnya. Apalagi, mahasiswa Universita­s Airlangga tersebut mengidolak­an Yuyung sebagai sosok fotografer yang berpengala­man. ’’Senang banget ketemu Pak Yuyung, gak perlu menang sudah bahagia saya,’’ jelasnya. (rid/c20/nda)

 ?? GALIH COKRO/JAWA POS ?? BERPADU: Beraneka model dan warna kebaya berpadu apik dengan Chevrolet Impala 1961 dan Mercedes-Benz 219 tahun 1956.
printing
smartphone.
GALIH COKRO/JAWA POS BERPADU: Beraneka model dan warna kebaya berpadu apik dengan Chevrolet Impala 1961 dan Mercedes-Benz 219 tahun 1956. printing smartphone.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia