Jawa Pos

Mudah Dikreasika­n, Motif Elok Dipandang

Di Banyuwangi, Batik sudah lebih dari sekadar atau seragam wajib yang dikenakan setiap Rabu, Kamis, dan Jumat. Batik sudah menjadi kebanggaan bersama, pemersatu, dan penggerak roda perekonomi­an yang berkontrib­usi langsung ke pembanguna­n.

-

DAMPAK luar biasa batik terhadap kehidupan masyarakat Banyuwangi sangat terasa saat Banyuwangi Batik Festival (BBF) 2015 berlangsun­g pada Sabtu (10/10) lalu. Seketika Taman Blambangan yang merupakan venue BBF 2015 menjadi lautan batik beragam motif dan warna.

Dalam edisi kali ini, BBF mengangkat motif paras gempal untuk dipresenta­sikan ulang dengan perspektif lebih modern. Paras gempal mengandung filosofi persatuan dan kesatuan yang ditujukan untuk menginspir­asi masyarakat Banyuwangi dalam memajukan daerahnya.

Dua desainer andal yang tahun lalu menjadi desainer utama tahun ini kembali mbali didapuk mengkreasi­kan paras gempal. Merekaa adalah Priscilla Saputro dan Irma Lumiga yang masing-masing memiliki track record istimewa.

Priscilla populer karena pernah mendesain ndesain busana Miss Universe 2012 Olivia Culpo, Misss Universe 2013 Gabriela Isler, dan Puteri Indonesia ia 2013 hingga 2015. Irma Lumiga merupakan desainerr berpengala­man asli Banyuwangi yang telah sukses di Bali. li. Rancangann­ya sangat disukai wisatawan mancanegar­anegara karena desainnya yang unik dan khas.

Khusus BBF 2015, Priscilla Saputro menghadirk­an 60 busana dengan tema yang terinspira­si kemegahan pergelaran gelaran budaya Banyuwangi Ethno Carnival (BEC).. Warna-warna yang dipilih pun seperti merah, hijau, ungu, dan kuning.

Menurut Priscilla, batik Banyuwangi­gi pada dasarnya sangat luwes jika dikreasika­n ke gayaa modern. Baik warna maupun motifnya fleksibel, el, tidak terikat pakem tertentu yang mengungkun­g perkembang­an batik, termasuk paras gempal yang tahunhun ini diangkat di BBF. Dengan tampilan yang lebih generasi muda akan semakin tertarik untuk k mengenakan batik sehingga akhirnya bisa memperpanj­ang emperpanja­ng eksistensi batik.

Sementara itu, Irma Lumiga menampilka­nenampilka­n 26 koleksi busana batik dengan temaa gemah ripah. Tema tersebut diangkat karena terinspira­sispirasi berbagai kemajuan dan kesejahter­aan di Banyuwangi­nyuwangi yang maju pesat saat ini.

Di tangan dua desainer tersebut, batiktik paras gempal seperti terlahir kembali i dengan sentuhan yang sangat modern. Rancangan mereka berhasil mengejutka­n dan mengundang aplaus meriah para undangan BBF 2015.

Pujian juga disampaika­n Puteriri Indonesia 2015 Anindya Kusuma Putri.utri. Dia mengatakan, corak batik Banyuwangi­wangi menguatkan kesan fresh dan sangatat anak muda. Batik Banyuwangi sangat kentara mudah sekali dipadupada­nkan dengangan pakaian lebih kasual atau semi-formal yang banyak dipakai anak muda, lekat sekali dengan tren en budaya pop yang saat ini sedang digemari.

Batik paras gempal memang terbukti sangat elok diterapkan dalam beberapa gaya. Hal itu terlihat ketika Krisdayant­i yang menjadi bintang tamu juga mengenakan­nya. KD, sapaan akrabnya, mengaku tidak menemui kesulitan menentukan desain karena batiknya sendiri sudah istimewa.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi memang memposisik­an batik sebagai penunjang pariwisata yang selalu gencar dipromosik­an. Eksistensi­nya bersinergi maksimal karena berhasil menjadi cenderamat­a ketika wisatawan berkunjung ke Banyuwangi. Ada ciri khas yang tidak terdapat di batik dari daerah lain dan berhasil menarik minat para (kkn/ran)

 ?? GALIH COKRO/JAWA POS
GALIH COKRO/JAWA POS
GALIH COKRO/JAWA POS
GALIH COKRO/JAWA POS
GALIH COKRO/JAWA POS ?? dramatic carnivalar­nival off beat
pink, nk,
colorful, olorful,
traveler.
SENTUHAN MODERN: Puteri Indonesia 2015 Anindya Kusuma Putri (foto kanan) mengenakan busana rancangan Priscilla Saputro. Busana rancangan Irma Lumiga disukai
wisatawan...
GALIH COKRO/JAWA POS GALIH COKRO/JAWA POS GALIH COKRO/JAWA POS GALIH COKRO/JAWA POS GALIH COKRO/JAWA POS dramatic carnivalar­nival off beat pink, nk, colorful, olorful, traveler. SENTUHAN MODERN: Puteri Indonesia 2015 Anindya Kusuma Putri (foto kanan) mengenakan busana rancangan Priscilla Saputro. Busana rancangan Irma Lumiga disukai wisatawan...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia