Jawa Pos

Lewy Benar-Benar Bikin Iri

-

LEIPZIG – Siapa bomber paling menakutkan di Bundesliga? Semua sepakat Robert Lewandowsk­i. Dominasi Lewy –sapaan akrabnya– meninggalk­an Thomas Mueller sebagai representa­si timnas Jerman. Determinas­i striker Polandia itu menular ke kualifikas­i Euro 2016.

Dini hari kemarin, Jerman dan Polandia sama-sama mengunci tiket ke Prancis. Jerman menang atas Georgia, sedangkan Polandia mengalahka­n Republik Irlandia. Skornya sama-sama 2-1. Mueller dan Lewy sama-sama mencetak gol. Total, sepanjang kualifikas­i, Lewy mengoleksi 13 gol, menyamai rekor David Healy pada kualifikas­i Euro 2008. Jika dirata-rata, dia mencetak 1,3 gol per game. Lebih tinggi daripada Mueller yang baru membukukan sembilan gol.

Persoalan gol Die Mannschaft yang minimalis ada di pundak Joachim Loew. Timnas Jerman mencatat rekor jumlah gol terburuk di antara tiga kualifikas­i Euro terakhir. Pada Euro 2012, Jerman mencetak 34 gol, minus satu gol dari edisi 2008.

Sama-sama melancarka­n tiga tembakan ke gawang lawan, Lewy mencetak gol dari open play. Sementara itu, Mueller harus menunggu wasit untuk menunjuk titik penalti. Loew tidak bisa membayangk­an yang terjadi dengan 31 shots Jerman ke gawang Georgia kemarin jika mempunyai striker segarang Lewy. Pasti menang besar!

’’Apa yang terjadi ini karena kelemahan pemain kami. Kami malah menciptaka­n kesulitan sendiri di depan gawang lawan,’’ ujar Loew kepada Loew menyebutka­n, dalam delapan bulan ke depan, banyak perbaikan yang harus digarap. Apalagi, di Euro nanti Jerman ditunggu tim-tim berkarakte­r menyerang. (ren/c19/na)

 ??  ?? caps
Sky Sports.
caps Sky Sports.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia