Jawa Pos

Tanpa Messi, tanpa Aguero, Bisa Apa?

-

ASUNCION – Argentina adalah raksasa. Mereka adalah favorit dalam turnamen apa pun. Namun, pada prakualifi­kasi Piala Dunia 2018, La Albicelest­e –julukan Argentina–tidak membukanya dengan baik.

Argentina ditelan tim tamu Ekuador dengan skor 0-2 di Estadio Monumental Antonio Vespucio Liberti Buenos Aires, Jumat (9/10). Itu jelas satu aib. Catatan kekalahan Argentina oleh Ekuador terakhir terjadi pada 2009 atau sekitar enam tahun silam.

Menjelang kedua kualifikas­i Piala Dunia 2018 Rusia, Argentina akan melakoni laga tandang. Kali ini yang dituju adalah Estadio Defensores del ChacoChac Asuncion, kandang Paraguay, bes besok pagi WIB.

Kedua tim punya kondisi berbeda dari sisi mental. ArgentinaA­rg terpuruk, sementara Paraguay melambung.m Anak asuhan Ramon AngelAng Diaz itu sukses mencuri tiga poin di kandangk Venezuela berkat gol tunggaltun­gga Derlis Gonzalez lima menit sebelum laga usai.

Diaz menyebut p pasukannya sudah melupakan kekalahank telak 1-6 oleh Tim Tango pada semifinal Copa America 201 2015 Juli lalu.

”Kami memperliha­tkanmemper­lih start yang baik dengan menangmena­n atas Venezuela.

LIONEL Messi tidak bermain saat Argentina dibekuk Ekuador 0-2 dalam laga pertama kualifikas­i Piala Dunia 2018 zona Conmebol (9/10). Padahal, La Albicelest­e bermain di depan publik sendiri, di Buenos Aires.

Menjelang laga kedua babak kualifikas­i, Argentina akan melawat ke Asuncion untuk bertemu Paraguay. Tanpa Messi, potensi juara dunia dua kali itu untuk kalah kembali cukup terbuka.

PelatihArg­entinaGera­rdo’’Tata’’Martino pun tak lepas dari kritik para pemainnya. Striker Argentina Carlos Tevez termasuk

vs Paraguay

Argentina vs Paraguay

Paraguay vs

vs Paraguay

vs Paraguay Kami menunjukka­n kepada dunia bahwa Paraguay sudah siap bertarung,” tutur Diaz kemarin (12/10) sebagaiman­a dilansir Goal.

Pertarunga­n melawan Argentina memang punya makna spesial bagi Diaz. Pria 56 tahun itu kelahiran La Rioja, Argentina. Setiap bertemu tanah airnya, dia mengaku motivasiny­a berlipat ganda. Motivasi itulah yang berusaha dia suntikkan ke darah pasukannya.

”Kami bermain di depan publik sendiri dan didukung ribuan fans. Tentu saja, kami optimistis bisa me-

(lima pertanding­an terakhir)

1/7/2015

Argentina

Argentina

Argentina Argentina 8/9/2012

6-1

2-2

3-1

4-2

yanggerahd­engancaram­ainArgenti­nadi bawah eks entrenador Barcelona itu.

’’Babak kualifikas­i Piala Dunia adalah level yang berbeda. Level tekanan yang adalebihke­ras,’’ucapTevezk­emarin(12/10) seperti dilansir dari Fourfourtw­o.com.

Di mata pemain 31 tahun itu, kengototan Argentina sangat jauh menurun saat tak ada Messi. La Pulga (Si Kutu) –julukan Messi– harus absen karena cedera hamstring.

’’Messi membuat lawan fokus menghadang­nya. Hal itu menjadi keuntungan karena tim lebih bebas dalam melaku- menangi laga. Ekuador sudah membuktika­nnya. Sekarang giliran kami,” ucap mantan pelatih River Plate itu.

Menyambut Argentina, Paraguay akan turun dengan skuad komplet. Winger kanan asal Dynamo Kyiv Derlis Gonzalez yang menjadi pahlawan Paraguay pekan lalu siap kembali diturunkan.

Sebaliknya,Argentinak­embalipinc­angdi lini depan. Sergio Aguero dan Lionel Messi kompakterk­ena cedera hamstring.

Hilangnya dua superstar itu memusingka­n pelatih Gerardo ”Tata” Martino. Namun, bukan lini depan saja yang bikin sumpek. Tata malah menyoroti lini belakang yang juga lembek.

Bek kanan asal Fiorentina Facundo Roncaglia menjadi sasaran kritik Tata. Dia disebut sering terlambat mengcover Ezequiel Garay. Agaknya, Roncaglia akan digantikan bek Manchester City Pablo Zabaleta. ”Kami tidak boleh kehilangan lagi poin di babak kualifikas­i ini. Kami yakin bisa kembali fokus,” ucap Tata seperti dikutip AP.

Satu-satunya hal yang membuat Tata bisa menepuk dada adalah rekor kalah menang Argentina yang lebih baik jika dibandingk­an dengan Paraguay. Dalam lima pertemuan terakhir, Argentina tidak k pernah kalah. (dra/c6/nur) kan kreasi,’’ ujar mantan penyerang Juventus dan Manchester City itu.

Selain Messi, penyerang utama Argentina lainnya, Sergio Aguero, absen. Artinya, potensi Tevez untuk turun sebagai starter cukup terbuka. Tevez akan ditopang Angel di Maria di sisi kanan dan Angel Correa di sisi kiri. Namun, Tevez akan bersaing dengan bintang baru Juventus, Paulo Dybala.

’’Kami menghadapi situasi yang tak menguntung­kan buat tim. Namun, kami akan berjuang untuk menang,’’ kata Tevez a. (dra/c23/nur)

 ??  ?? HARUS FOKUS: Bintang Argentina Carlos Tevez saat berlaga melawan Ekuador (8/10). Tevez sangat
mungkin banyak bermain karena cedera yang menerjang Lionel Messi dan Sergio
Aguero.
matchday
HARUS FOKUS: Bintang Argentina Carlos Tevez saat berlaga melawan Ekuador (8/10). Tevez sangat mungkin banyak bermain karena cedera yang menerjang Lionel Messi dan Sergio Aguero. matchday
 ?? GRAFIS: BOEDONO/JAWA POS ??
GRAFIS: BOEDONO/JAWA POS
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia