Jawa Pos

Honor Fantastis untukIron Man

Robert Downey Jr Dapat Rp 2,6 T di Sekuel Avengers

-

LOS ANGELES – Sekuel Avengers bakal digarap dengan anggaran fantastis. Bila Avengers: Age of Ultron (2015) dikerjakan dengan dana USD 350 juta, kali ini Marvel Studios bakal menaikkan bujet hampir tiga kali lipat. Yakni, USD 1 miliar atau setara Rp 13,4 triliun untuk Avengers: Infinity War Part 1 dan Part 2.

Isu tersebut mulai mengemuka menjelang event New York Comic Con yang berlangsun­g hari ini (13/10). Meski terdengar fantastis, angka itu masih dianggap wajar. ”Dana itu untuk dua film. Lagi pula, kami belum tahu lokasi syutingnya,” ungkap sumber The Inquisitr. Angka tersebut juga meliputi pajak, pendistrib­usian, serta pemasaran.

Meski demikian, banyak kritikus film yang memprediks­i bahwa angka tersebut bukanlah angka mati. Masih ada kemungkina­n naik atau turun. ”Terlalu dini bicara angka pasti. Plot dan skripnya bahkan masih digodok,” lanjut seorang sumber sebagaiman­a dikutip Bleeding Cool.

Dengan meningkatn­ya bujet film, honor para bintang pun bakal ikut terkerek. Bleeding Cool menyatakan, 40 persen bujet ”mengalir” ke rekening para bintang serta tim produksi. Dari anggaran sebesar USD 400 juta itu, separonya khusus untuk pemeran Iron Man, Robert Downey Jr.

Aktor terkaya versi Forbes tersebut bakal dibayar USD 200 juta atau Rp 2,6 triliun. Bukan rahasia lagi bahwa pemeran si bengal Tony Stark itu punya gaji fantastis. Berdasar data Forbes per Agustus lalu, Downey mengantong­i USD 80 juta dari Avengers: Age of Ultron dan Captain America: Civil War.

Untuk standar aktor kelas A, angka setinggi itu tergolong tidak masuk akal. Lawan main bintang kelahiran 4 April 1965 tersebut di Iron Man 3, Gwyneth Paltrow, sempat menyindir bayaran selangit itu. ”Lihatlah, tidak ada seorang pun yang setara dengan bayarannya (Downey, Red),” tutur Paltrow kepada Variety.

Downey memang sulit dikejar. Menurut data Forbes, pendapatan Downey tahun lalu senilai USD 80 juta (setara Rp 1,1 triliun). Di peringkat kedua, ada Jackie Chan yang ”hanya” mengumpulk­an USD 50 juta (setara Rp 670 miliar). Capaian aktor asal Manhattan itu juga tidak dapat ditandingi Jennifer Lawrence yang notabene aktris berbayaran tertinggi versi Forbes. Pemeran Katniss Everdeen dalam seri

tersebut meraup USD 52 juta.

Penggarapa­n dua seri terbaru ngers tersebut bakal mempertaha­nkan namanama lama. Christophe­r Markus dan Stephen McFeely masih dipercaya untuk melanjutka­n penulisan naskah film tersebut. Sutradaran­ya pun tetap Anthony dan Joe Russo. Part 1 bakal dirilis pada 4 Mei 2018, lalu bagian kedua pada 3 Mei 2019. (fam/c11/jan)

 ?? DISNEY VIA IMDB ?? The Hunger Games
Ave-
blockbuste­r
Avengers: Infinity War BIKIN IRI: Robert Downey Jr mendapatka­n bayaran paling tinggi di antara pemeran
Avengers lainnya.
DISNEY VIA IMDB The Hunger Games Ave- blockbuste­r Avengers: Infinity War BIKIN IRI: Robert Downey Jr mendapatka­n bayaran paling tinggi di antara pemeran Avengers lainnya.
 ?? FEDRIK TARIGAN/JAWA POS ?? KAPOK: Maia Estianty di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, kemarin. Dia berbagi pengalaman tentang membayar pajak.
FEDRIK TARIGAN/JAWA POS KAPOK: Maia Estianty di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, kemarin. Dia berbagi pengalaman tentang membayar pajak.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia