Jawa Pos

Dandani Dapur Jiwa Rumah

-

RURIE menjadikan dapur dan balkon sebagai

favorit di rumah. Warna kuning merupakan pilihan berani karena Rurie sebenarnya termasuk orang yang konvension­al dengan tone warnawarna gelap. ’’ Tapi, waktu lihat warna kuning sepertinya lucu ditaruh di dapur,’’ ungkap dia.

Pilihan itu terasa pas karena mampu memberikan elemen playful di rumah Rurie. Kesan makin kuat lewat aksen lampu kuning di atas

yang ada hiasan tikus-tikus lucu. Rurie menempatka­n kipas angin vintage yang juga berwarna kuning. Jam dinding, peralatan dapur, dan peralatan makan dipilih yang tone- nya kuning. Lemari es dan rice cooker pun dilapisi stiker kuning. ’’Sampai diingatkan anak-anak kalau sudah kebanyakan beli pernak-pernik kuning,’’ kata Rurie, lantas tertawa.

Sang nyonya rumah memang memberikan perhatian khusus pada area dapur. Sebab, memasak merupakan aktivitas favoritnya. ’’Buat saya, dapur adalah ’jiwa’nya rumah,’’ tutur perempuan berkacamat­a tersebut sambil menyiapkan keperluan si bungsu, Arra, yang akan berenang Sabtu pagi itu (10/10).

Dapurnya satu, tidak dipisahkan antara dapur bersih dan dapur kotor. ’’Selain boros ruangan, saya memang tidak ingin ada dapur yang boleh kotor. Dapur ya tetap harus bersih,’’ ucapnya.

Meski selalu bersih, dapur ini produktif. ’’Setiap hari saya masak untuk anak-anak. Teman-teman juga sering datang pagi-pagi buat sarapan. Kami bikin beber Rurie.

Bila dapur menjadi tempat produktif, balkon merupakan spot untuk me time. Hampir tiap

balkon jadi tempat berkumpul, baik keluarga besar, teman-teman anak, maupun teman-teman Rurie dan Salman.

Ada sofa dan bantal-bantal catchy serta peralatan memanggang. Gathering dengan suasana outdoor makin seru dilengkapi acara barbeque party. ’’Bisa untuk 15–20 orang kalau sudah ngumpul,’’ cerita Rurie. Ambience balkon makin cozy dengan elemen tanaman yang diletakkan di dalam pot gantung dan tumbuhan menjulur yang menyerupai tirai. (nor/c19/ayi)

 ?? RAKA DENNY/JAWA POS ?? playful RATU RUMAH: Ratri Wuryandari menerapkan beberapa style untuk huniannya yang ada di kawasan Bintaro dengan luas 170 meter persegi itu.
RAKA DENNY/JAWA POS playful RATU RUMAH: Ratri Wuryandari menerapkan beberapa style untuk huniannya yang ada di kawasan Bintaro dengan luas 170 meter persegi itu.
 ?? RAKA DENNY/JAWA POS ?? UNTUK BERSANTAI: Balkon di lantai 2 rumah dibikin senyaman-nyamannya.
weekend,
RAKA DENNY/JAWA POS UNTUK BERSANTAI: Balkon di lantai 2 rumah dibikin senyaman-nyamannya. weekend,
 ?? RAKA DENNY/JAWA POS ?? NUANSA MERAH: Ruang tamu dengan view ruang terbuka dan kolam ikan.
pancake,’’
RAKA DENNY/JAWA POS NUANSA MERAH: Ruang tamu dengan view ruang terbuka dan kolam ikan. pancake,’’
 ?? RAKA DENNY/JAWA POS ?? ARTISTIK: Antara ruang makan dan ruang keluarga dihubungka­n tangga.
spot
island table
RAKA DENNY/JAWA POS ARTISTIK: Antara ruang makan dan ruang keluarga dihubungka­n tangga. spot island table

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia