Jawa Pos

Tahun Pertama, Band Junior Beri Kejutan

-

SURABAYA – Siapa bilang yang jago metik gitar atau nggebuk drum cuma kakak-kakak di SMA. Di audisi perdana Junior DetEksi Band 2k15 kemarin (12/10), peserta yang merupakan siswa-siswi SMP berhasil mengejutka­n juri. Para pemain musik cilik itu menampilka­n musik yang nggak kalah solid dan harmonis.

Sejak dimulai pukul 12.00 WIB, studio Alkafellaz Surabaya dipenuhi puluhan peserta audisi yang siap menunjukka­n performa terbaik masing-masing. Suasana

bercampur excited tampak di wajah mereka. Wajar aja sih, tahun ini kan tahun pertama diadakanny­a kompetisi band tingkat SMP di UBS DetEksi-Con.

Dalam audisi tersebut, setiap peserta membawakan dua lagu bebas. Meskipun masih termasuk kategori junior, kemampuan mereka dalam meracik musik nggak perlu diragukan lagi. Farial Muda Band asal SMP Muhammadiy­ah 2 Surabaya membuka audisi dengan genre rock yang mengentak. Band itu membawakan lagu berjudul Rock Bergema milik Roxx serta Diam Tanpa Kata milik D’Masiv yang diaranseme­n menjadi genre rock.

Penampilan yang memukau tersebut nggak lepas dari persiapan matang yang dilakukan mereka. ”Kami latihan sejak tiga bulan lalu dan dilakukan dua kali seminggu. Soalnya, kami pengin bisa lolos ke tahap selanjutny­a sebagai band yang punya konsep rock yang kuat,” ujar Yudhi Ramadhani, personel Farial Muda Band.

Selain Farial Muda Band, Smart Band asal SMPN 19 Surabaya, juga mengusung konsep rockyangen­ergik.’’Kamiemangu­dahpersiap­in cukup lama. Dan kebetulan aku sama bandku emang lumayan ada pengalaman manggung sebelumnya. Jadi, kami excited banget,” ungkap Muhammad Baliyan, gitaris Smart Band.

Ngomong-ngomong soal pengalaman, pada tahun pertama Junior DetEksi Band 2k15 tingkat SMP kali ini, SMPN 19 langsung mengirimka­n tiga band sekaligus loh. Salah satunya, Smart Band. Meski datang dari satu sekolah, Baliyan mengaku bahwa tiga band tersebut pada nggak mau kalah beradu kualitas musik saat kompetisi seperti ini. ”Kami sama-sama berjuang buat jadi yang terbaik. Makanya, aku optimistis kok bandku bisa lolos ke tahap selanjutny­a,” imbuhnya. (giv/c22/agf)

 ?? FARUQY/DETEKSI ?? PEDE: Rainbow Fourty Five Band asal SMPN 45 Surabaya tampil dengan kostum bertema army.
nervous
FARUQY/DETEKSI PEDE: Rainbow Fourty Five Band asal SMPN 45 Surabaya tampil dengan kostum bertema army. nervous

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia